Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku yang ditunjuk sebagai panitia daerah pelaksanaan tes seleksi guru Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (P3K), yang akan diikuti sebanyak 3.076 orang guru dan akan mengisi 2.335 kuota yang telah ditetapkan untuk Provinsi Maluku. Sebelumnya para calon guru ASN P3K telah melakukan pendaftaran secara online melalui laman https://sscasn.bkn.go.id. Adapaun kriteria calon guru ASN P3K 2021 : (1) Honorer THK-II sesuai database THK-II di BKN. (2) Guru Honorer yang masih aktif mengajar di sekolah negeri di bawah kewenangan Pemerintah Daerah dan terdaftar sebagai Guru di Dapodik Kemendikbud.(3)  Guru yang masih aktif mengajar di sekolah swasta dan terdaftar sebagai Guru di Dapodik Kemendikbud. (4) Lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang belum menjadi guru dan terdaftar di Database Lulusan Pendidikan Profesi Guru Kemendikbud

Tes PPPK guru 2021 akan dilaksanakan sebanyak 3 tahap, dengan tahapan dan ketentuan sebagai berikut : (1) Peserta yang boleh mengikuti tes/tahap pertama ini adalah peserta kategori Honorer THK-II sesuai database THK-II di BKN dan Guru Honorer di Sekolah Negeri di bawah kewenangan Pemerintah Daerah dan terdaftar sebagai Guru di Dapodik Kemendikbud. Apabilah peserta tidak lulus pada tahap pertama ini, dapat kembali mengikuti seleksi ditahap berikutnya. (2) Perserta yang boleh mengikuti tes kedua PPPK guru 2021 yakni peserta kategori Honorer THK-II dan Guru Honorer di Sekolah Negeri yang tidak lulus tes pertama, serta Guru di Sekolah Swasta, dan Lulusan PPG. Dan (3) Memasuki tahap tes ketiga PPPK guru 2021, peserta Honorer THK-II, Guru Honorer di Sekolah Negeri, Guru di Sekolah Swasta, dan Lulusan PPG yang tidak lulus tes kedua bisa ikut tes lagi.

Dalam rangka mensukseskan pelaksanaan tes seleksi PPPK, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku sebagai panitia daerah telah melakukan berbagai langkah diantaranya melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi persiapan teknis pelaksanaan tes seleksi PPPK dengan metode kombinasi luring dan daring pada tanggal 7 s.d 9 september 2021. Rapat koordinasi secara tatap muka/luring dilaksanakan di Hotel Lee Green Ambon sedangkan secara daring melalui zoom yang di ikuti oleh seluruh panitia, para kepala cabang dinas, tim teknis, penanggungjawab masing-masing TUK dan seluruh proktor utama dari 11 Kabupaten/Kota se Provinsi Maluku. Selanjutnya melaksanakan koordinasi dengan Pemerintah Daerah di 11 Kabupaten/Kota dalam hal ini melibatkan Dinas Pendidikan, BKPSDM, Dinas Kesehatan dan Tim Gugus Tugas Penangan Covid-19 masing-masing Kabupaten/Kota melalui zoom.

Pelaksanaan Seleksi Tahap I PPPK Dilaksanakan mulai dari hari senin kemarin tanggal 13 September 2021 sampai pada hari jumat tanggal 17 September 2021. Adapun lokasi Tempat Uji Kompetensi (TUK) di 11 Kabupaten/Kota sebagai berikut : (1) Kota Ambon lokasi di SMA Negeri 2 Ambon, (2) Kota Tual lokasi di SMA Negeri 1 Tual, (3) Maluku Tengah lokasi di SMA Negeri 4 Malteng dan SMA Negeri 15 Malteng, (4) SBT lokasi di SMA Negeri 1 SBT dan SMK Negeri 1 SBT, (5) SBB lokasi di SMA Negeri 3 SBB, (6) Maluku Tenggara lokasi di SMA Negeri 3 Malra, (7) Buru lokasi di SMK Negeri 7 Buru, (8) Buru Selatan di SMA Negeri 7 Bursel, (9) Kep. Aru di SMA Yos Sudarso Dobo, (10) MBD lokasi di SMA Negeri 13 MBD dan (11) Kep. Tanimbar lokasi di SMK Negeri 6 KKT. Sedangkan Tim teknis berjumlah 3 orang dan 13 orang proktor utama.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Bapak Husen, S.Pd, M.Pd menyampaikan apresiasi atas dukungan, kerjasama dan kolaborasi dari Pemerintah Daerah di 11 Kabupaten/Kota, seruluh Cabang Dinas, para Penanggungjawab TUK, Tim Teknis, para Proktor dan seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan tes tersebut. Mulai senin 13 september 2021 kemarin seluruh Tim, Pemerintah Daerah setempat dan semua pihak-pihak terkait secara bersama-sama telah melakukan pemantauan di tempat pelaksanaan ujian. Semoga pelaksanaan tes seleksi dapat berjalan dengan aman dan lancar. Mari bersama-sama memberikan dukungan kepada guru-guru kita yang mengikuti proses seleksi ASN P3K ini dengan penuh optimisme karena di pundak bapak dan ibu guru inilah masa depan generasi penerus bangsa akan kita titipkan.