Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku dibawah kepemimpinan Plt Kadis Ibu Insun Sangadji, hari ini Kamis (1/4/21) bersama Sekretaris Dinas Bapak Husen serta beberapa Kabid dan Kasubag adakan Coffe Morning dengan puluhan Jurnalis Maluku. Plt. Kadis diberikan kesempatan untuk berkomentar menuturkan telah satu tahun tiga bulan diberikan kepercayaan oleh Gubernur Maluku Murad Ismail pimpin Dikbud Maluku. Kali ini beliau dapat bertatap muka dan mohon maaf kepada seluruh insan pers. Di kesempatan ini kita sama-sama saling kenal, selanjutnya saat masuk Dikbud tahun kemarin pendidikan terpuruk ada pada rangking dua terakhir dari 34 Provinsi. Yang kita tahu bersama Maluku adalah satu dari delapan Provinsi yang memerdekakan NKRI. Lanjutnya sebagai seorang akademisi yang diberi tanggungjawab tetap siap menjalankannya.

Sembari jelaskan, sejak dirinya diberi kepercayaan memimpin Dinas Pendidikan dan Kebudayaan maka program yang dijalankan dibantu oleh enam bidang. Masing-masing, Bidang Pembinaan Pendidikan Menengah Atas (SMA), Bidang Pembinaan Pendidikan Menengah Kejuruan (SMK), Kebudayaan, Pembinaan Ketenagaan, Pembinaan Pendidikan Khusus dan Sekretariat. Untuk 2020 dilaksanakan sebanyak 580 kegiatan fisik yaitu bangun ruang kelas baru dan peralatannya. Dimana 560 lebih telah direalisasi sisanya belum akibat Covid19. Selanjutnya persiapan kenaikan pangkat bagi 980 guru yang berlangsung ditahun 2020. Selain itu untuk uji kompetensi 60 guru dan guru kontrak dari 1004. Ada lagi kegiatan lain yaitu sertifikasi bagi 50 guru. Adapun seleksi Kepsek sebanyak 280 yang lolos 150, setelah Ikuti Diklat maka siap terima NUKS dan akan menjadi Kepala Sekolah.

Selain itu ada 35 pengawas yang siap melaporkan sekolahnya ke Dikbud. Lebih lanjut Dikatakan Bidang Pembinaan Ketenagaan telah melaksanakan Bimbingan Teknis kepada 33 guru, supervisi, workshop, serta analisis kebutuhan pendidikan di Maluku. Ada lagi program yang dijalankan untuk semua sekolah yaitu media pembelajaran online dengan menggunakan mikroskop 365 yang diluncurkan tahun kemarin oleh Gubernur Maluku dalam rangka menindaklanjuti Visi dan Misi Gubernur dan wakil Gubernur yaitu mensejahterakan masyarakat Maluku serta mencerdaskan anak Maluku.