Dalam rangka upaya membangun sumber daya manusia (SDM) dan Transformasi Pendidikan Vokasi Mewujudkan SMK Bisa, SMK Hebat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku menjajaki kerja sama pengembangan Pendidikan Vokasional dengan Universitas Negeri Makassar (UNM). Selasa, 2 Februari 2022 Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Ibu Dr. Ir. Insun Sangadji, M.Si yang didampingi Kepala Bidang Pembinaan SMK Ibu Anisa, SE melakukan pertemuan dengan Wakil Rektor Bidang Akademik UNM, Prof. Dr. Hasnawi Haris di kampus UNM yang berlokasi di Jl. A.P. Pettarani Makassar.

 

Kepala Dinas menyatakan kami ingin menjalin kerja sama dengan UNM untuk pengembangan pendidikan vokasional dan penyetaraan guru yang belum sarjana. Begitupula dengan masih terdapat banyak guru di Maluku khususnya guru Pendidikan Luar Biasa (SLB) yang belum bergelar sarjana. Untuk itu harapannya UNM membuka skema penyetaraan untuk menampung guru-guru yang belum sarjana.

Sementara Wakil Rektor Bidang Akademik UNM, Prof. Dr. Hasnawi Haris menyatakan kami menyambut baik rencana kerja sama ini.  Prof. Hasnawi pun Mempersilakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku menyusun konsep dan draft kerja samanya di bidang pendidikan.

“Universitas Negeri Makassar sudah menjalin kerja sama dengan banyak provinsi di Indonesia untuk pengembangan pendidikan vokasional ini,” tutup Prof. Hasnawi.*