Dua kelompok siswa SMA Kristen Rehoboth Ambon berhasil menjadi finalis pada ajang Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. FIKSI 2021 merupakan kompetisi kewirausahaan siswa SMA/MA tingkat nasional yang diselenggarakan sebagai upaya mewadahi, mengapresiasi, serta menciptakan generasi muda yang akan menjawab tantangan zaman; mereka yang dapat dengan jeli melihat peluang, memetakan mitra potensial dalam kolaborasi strategis dalam upaya membentuk wirausaha yang berdampak luas dan berkelanjutan. Pelaku utama inovasi dan kewirausahaan pada ajang FIKSI ini adalah siswa SMA/MA Indonesia, yang berjiwa Post Milennial diharapkan dapat menjadi dasar bagi Pendidikan Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) untuk siswa SMA/MA, yang terdiri atas dua bagian, yaitu Prakarya dan Kewirausahaan. 

Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) tahun 2021 berupaya menekankan pada Kategori Rencana Bisnis, yaitu perencanaan wirausaha yang sistematis, berbasis produk/jasa dalam bentuk susunan konsep serta Kategori Bisnis Berjalan, yaitu pengembangan wirausaha dalam bentuk produk/jasa yang sudah dijalankan lebih dari 3 bulan. Adapun bidang yang dilombakan adalah Bidang Kriya, Bidang Fashion, Bidang Desain Grafis, Bidang Aplikasi, Game, Video, dan Animasi, Bidang Boga, dan Bidang Budidaya dan Lintas Usaha. Pelaku utama inovasi dan kewirausahaan pada ajang FIKSI ini adalah siswa SMA/MA Indonesia, yang memiliki semangat keberanian dalam menghadapi masa dengan dan cerdas memanfaatkan jejaring.

FIKSI 2021 ini memiliki tantangan khusus, ketika pembatasan pergerakan siswa dalam kegiatan pembelajaran dan ekstra kurikuler sebagai dampak dari pandemi covid-19. Ada sebanyak 949 proposal bisnis dari 6 bidang lomba dan telah mendaftar secara online. Para juri FIKSI sudah menilai dan menseleksi sebanyak 130 proposal bisnis yang dinyatakan berhasil menjadi finalis dan berhak untuk mengikuti tahap seleksi pameran, presentasi, dan wawancara secara daring dalam EXPO Virtual FIKSI secara Nasional. Dua kelompok siswa dari SMA Kristen Rehoboth Ambon termasuk diantara 130 tersebut. Adapun biodata 2 kelompok siswa tersebut sebagai berikut : 

1.     Bidang Kriya, Nama Ketua Tamariska Kayla Jofinka Luhukay, Anggota Esther Zillah Domlay, Nama Produk Cemara Mask, Kategori Rencana Bisnis; dan

2.     Bidang Fashion, Nama Ketua Reinhard Marcello Molle, Anggota Jeanneth Dominique Istia, Nama Produk Pulchra, Kategori Rencana Bisnis.

Link download Pengumuman : https://disdikbud.malukuprov.go.id/download

Puncak pelaksanaan FIKSI adalah EXPO Virtual FIKSI yang akan dilaksanakan pada tanggal 11 - 16 Oktober 2021. Pusat Prestasi Nasional dalam masa pandemi ini telah melakukan beberapa penyesuaian untuk mempermudah siswa dalam mempersiapkan EXPO Virtual yang disesuaikan dengan protokol kesehatan. Selamat berlomba, semoga sukses dan dapat mempersembahkan yang terbaik untuk maluku di tingkat nasional.