Mewakili Ibu Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Kepala Bidang Pembinaan SMA Bapak Sirhan Jul Chaidir, S.Sos, M.Si membuka kegiatan Rapat Kerja MKKS SMA/SMK se Kab. Maluku Barat Daya bertempat di Aula SMA Negeri 13 Maluku Barat Daya yang di Ikuti oleh Seluruh Kepala SMA, SMK, Bendahara BOS/BOPP dan Para Operetor Sekolah. Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Maluku Barat Daya, Kepala Dinas Pendidikan Kab. Maluku Barat Daya dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Kab. Maluku Barat Daya.

Dalam sambutan Ibu Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku yang dibacakan oleh Kepala Bidang Pembinaan SMA menyampaikan walaupun kita semua berada pada situasi Pandemi Covid 19 tetapi ikthiar kita untuk memajukan Maluku harus tetap berjalan.  Beliau jg mengapresiasi dan terima kasih kepada Kepala Cabang dan Forum MKKS SMA/SMK yang bersama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku untuk merancang suatu perencanaan Pendidikan yang baik dan berkualitas. Tentu tugas dan tanggungjawab kita selaku institusi yang mengelola urusan Pendidikan di Daerah  amatlah besar dalam mengoptimalkan program, Kebijakan, Strategi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku guna memberikan layanan dan peningkatan mutu pendidikan. Namun perkenankan  saya menyampaikan bahwa tanggungawab besar ini janganlah dipandang sebagai beban tapi pandanglah sebagai kehormatan. Cabang Pendidikan Menengah dan Khusus Kabupaten Maluku Barat Daya, MKKS SMA/SMK bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Provinsi Maluku mendapatkan kehormatan untuk Menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan program program Pendidikan dan Kebudayaan melalui kegiatan rapat Kerja MKKS Kabupaten Maluku Barat Daya.

Berdasarkan rilis data BPS Indonesia untuk Indeks Pembangunan Manusia di setiap Provinsi tahun 2020 maka Indeks Pembangunan Manusia kita pada tahun 2020 meningkat jika di bandingkan dengan tahun 2019, dimana pada tahun 2019 Indeks Pembangunan Manusia yang mencapai 69,45 meningkat pada tahun 2020 yang mencapai 69,49 dengan rata rata pertumbuhan peningkatan adalah 0,06. patut kita syukuri karena Pendidikan memiliki sumbangsih yang sangat tinggi dalam mencapai Indeks Pembangunan Manusia. Hal ini menandakan bahwa Pendidikan kita sedang bergerak naik menuju sumberdaya manusia Maluku yang berkualitas.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku  terus mendorong peningkatan kualitas guru dan siswa. Atas dasar tersebut kita mendorong  pengunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah yang tepat sasaran melalui Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan (BOPP). Kemudian dalam rangka penuntasan kemiskinan kita juga mendorong mengurangi beban siswa dan sekolah dalam penyelenggaraan pembelajaran melalui Bantuan Siswa Miskin dan Kartu Maluku Cerdas, dan memperluas akses sarana prasarana sekolah secara merata.

Selain itu pelaksanaan rapat kerja MKKS SMA/SMK Kabupaten Maluku Barat daya  yang dilaksanakan saat ini juga untuk menjawab berbagai isu isu strategis dan permalasalahan Pendidikan yaitu optimalisasi mutu dan daya saing Pendidikan di tengah  Pandemi Covid 19 di daerah yang lebih menekankan pada aspek karakter siswa melalui Asesmen kompetensi Minimum (AKM) di tingkat Sekolah, Ujian Sekolah, zonasi, dan Rencana Pengembangan Pembelajaran dengan tetap mempertimbangkan trend revolusi Indstustri 4.0.

Di akhir sambutan menyampaikan bahwa “Pendidikan yang efektif membutuhkan kolaboratif yang efektif dari Sekolah, guru, siswa dan orang tua. Tanpa kolaboratif itu, Pendidikan yang efektif tidak akan terjadi”.

Dalam kegiatan tersebut Kepala Bidang Pembinaan SMA juga menjadi narasumber terkait dengan Kebijakan Umum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Maluku dan Kebijakan Bidang Pembinaan SMA. Narasumber lainnya yaitu dari Inspektorat Provinsi Maluku, Piter D. Tahapary, SE.Ak materi Penggunaan dan Pelaporan Dana BOS/BOPP yang disampaikan secara virtual serta materi Penyusunan RKAS SMA/SMK pada aplikasi ARKAS disampaikan oleh Jaelil, S.Pd.