Sabtu, 7 Mei 2022 bertempat di Gedung Islamic Centre Ambon Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Dr. Ir. Insun Sangadji, M.Si menghadri acara wisuda dan pelepasan 492 siswa siswi SMA Negeri 11 Ambon.

Kadis Dikbud dalam sambutanya menyampaikan apresiasi kepada seluruh komponen yang ada pada SMA Negeri 11 Ambon dalam hal ini Kepala Sekolah, Dewan Guru, Orang Tua Siswa dan Unsur Komite Sekolah yang mana telah berkolaborasi dalam melaksanakan kegiatan wisuda ini. Pada saat sekarang ini wisuda bukan hanya dilaksanakan untuk lulusan sarjana dan pasca sarjana yang dilakukan oleh perguruan tinggi namun  sekarang Lembaga-lembaga PAUD dan TK bahkan SMA juga melaksanakan wisuda, hal ini bertujuan untuk memotivasi agar peserta didik dapat mempersiapakan diri dan menambah rasa kepercayaan diri sebab kurang lebih dua tahun anak-anak kita telah mengikuti pembelajaran lewat daring dengan berbagai permasalahan yang dihadapi.

Dengan berbagai kebijakan dan strategi yang diambil oleh Pemerintah Daerah Provinsi Maluku melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota akhirnya kita dapat keluar dari masa-masa sulit itu. Beberapa strategi dan langkah antisipatif dilakukan diantaranya (1) mencanangkan vaksinasi pada seluruh satuan pendidikan dan beberapa waktu yang lalu dilaksanakan vaksinasi akbar di SMA Negeri 11 Ambon yang mana dipantau langsung melalui virtual oleh Presiden RI, Bapak Joko Widodo dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita di maluku karena pada saat itu hanya 4 sekolah yang dapat diwawancarai langsung oleh Bapak Presiden salah satunya adalah SMA Negeri 11 Ambon; (2) membantu satuan pendidikan untuk memenuhi daftar periksa dan protokol Kesehatan serta terus memantau dan memastikan satuan pendidikan telah mengisi daftar periksa secara online pada lama Dapodik; dan (3) secara tegas tidak memperbolehkan pembelajaran tatap muka dilaksanakan apabila satuan pendidikan belum memenuhi seluruh daftar periksa.

Melanjutkan sambutan dan arahannya mengatakan bahwa pada saat KBM bahkan Ujian Sekolah (US) daring dan PTM terbatas menjadi tantangan tersendiri dalam mengembangkan kreativitas terhadap penggunaan teknologi bukan hanya tranmisi pengetahuan akan tetapi bagamana memastikan pembelajaran tetap tersampaikan dengan baik. Tantangan tersebut juga menjadi kesempatan bagi semua tentang bagaimana penggunaan teknologi dapat membantu anak-anak kita menjadi kompeten dalam menghadapi abad 21.

Kadis Dikbud mengingatkan kepada siswa-siswi bahwa perjuangan ini bukanlah akhir akan tetapi awal dari perjalanan panjang untuk meraih sukses dan berharap untuk terus mengasah pengetahuan, skill dan sikap agar dapat bersaing dalam dunia kampus maupun lain sebagainya. Diakhir sambutannya menyampaikan selamat kepada siswa-siswi yang telah dinyatakan lulus, dan tentu apa yang kalian raih hari ini tidak terlepas dari perjuangan, dukungan dan doa dari orang tua serta bapak dan ibu guru.

Turut hadir dalam acara wisuda dan pelepasan siswa-siswi kelas XII SMA Negeri 11 Ambon diantaranya Sekretaris Disdikbud Provinsi Maluku Husen, S.Pd, M.Pd, Ketua Komite, Kepala Sekolah beserta seluruh Dewan Guru dan para pendamping (orang tua) siswa-siswi yang diwisuda sehingga seluruh tamu, undangan dan peserta yang hadir berjumlah 1.200 orang.’