Bertempat di ruang kerjanya Senin, 14 Maret 2022 Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Dr. Ir. Insun Sangadji, M.Si membuka kegiatan “Workshop Pembelajaran Matematika dengan menggunakan Software Sowiso” yang diikuti oleh guru mata pelajaran matematika tingkat SMA/SMK se Provinsi Maluku secara virtual. Kegiatan ini digagas oleh Himpunan Matematika Indonesia Maluku, yang sebelumnya telah melakukan pertemuan dengan Kadis Dikbud pada tanggal 2 maret 2022 yang lalu.

Dalam kegiatan workshop tersebut pengurus IndoMS Pusat, pengurus IndoMS Wilayah Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta selanjutnya pihak Sowiso Amsterdam  serta Ambassador Women Of CWN IMU For Indonesia juga hadir secara virtual. Kadis Dikbud dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang tak terhingga kepada pengurus IndoMS Maluku dan seluruh pihak yang membantu pelaksanaan workshop ini.

Melanjutkan sambutannya mengatakan bahwa pada era modern ini bidang matematika seperti Boolean Aljabar untuk komputer digital modern, Spines untuk merubah bentuk 3 dimensi, Fuzzy untuk peralatan elektronik, finansial dan peternakan, Metode Numerik dalam bidang teknik, Rantai Makrov untuk bidang finansial dan ekonomi, Logika dalam penerapannya digunakan untuk dasaran bahasa pemograman, actificial, intelligence, struktur data, teori komputasi, rekayasa perangkat sistem pakar. Bahkan logika matematika juga banyak digunakan untuk pembangunan perangkat keras dan perangkat lunak. Olehnya harus kita akui bahwa perkembangan Ilmu Matematika dan penerapan serta sumbangsinya terhadap bidang ilmu lain begitu membanggakan, namun tidak serta merta menyebabkan ilmu matematika menjadi pelajaran yang menarik dan diminati oleh peserta didik kita. Matematika masih tetap menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian besar siswa dan siswi di sekolah.

Olehnya diperlukan kreativitas dan daya inovasi guru dalam menerapkan dan memilih berbagai model, metode dan strategi yang sesuai dengan topik pembelajaran matematika. Selain itu penggunaan alat bantu dan media pembelajaran juga menjadi faktor penentu agar pembelajaran matematika menjadi lebih menarik dan mudah dipahami. Salah satu Software yang dimaksud adalah SOWISO Yang tentunya akan membantu para guru dalam menyajikan dan menyelesaikan berbagai materi dan persoalan matematika sehingga menjadi menarik dan lebih mudah dikuasai oleh siswa. Ini Tentunya menjadi kabar yang menggembirakan sekaligus menjadi Harapan Baru akan semakin meningkatnya kemampuan guru dalam mengembangkan mutu pembelajaran di kelas dan tentunya hal ini akan berimbas pada peningkatan mutu pendidikan di Maluku secara umum dan mutu pendidikan matematika secara khusus.

Mengakhiri sambutannya Kadis Dikbud menekankan kepada para peserta untuk dapat menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Ia pun berharap agar para peserta yang tidak lain para guru matematika SMA/SMK se Maluku untuk mengikuti kegiatan ini dengan seksama sejak awal sampai berakhir dan harus menguasai seluruh materi yang diberikan dengan baik sehingga dapat menjadi ilmu pengetahuan yang dapat meningkatkan profesionalisme anda sebagai guru, tutupnya.