Rabu, 2 Maret 2022 Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Dr. Ir. Insun Sangadji, M.Si menerima kunjungan empat tamu masing-masing dari Perwakilan Google Indonesia, Kepala Kantor Bahasa Maluku beserta staf, Perhimpunan Pendidikan Matematika Maluku serta Perwakilan Penerbit Erlangga bertempat di ruang Kadis Dikbud Jl. Jend. A. Yani Batu Gaja Ambon. Pertemuan tersebut dalam rangka membahas program-program peningkatan kualitas Pendidikan di maluku.

Perwakilan Google Indonesia melakukan pertemuan dalam rangka memperkenalkan penggunaan dan pemanfaatan aplikasi google dalam proses belajar mengajar di satuan pendidikan. Menanggapi hasil pertemuan tersebut Kadis Dikbud menyampaikan akan mendorong satuan-satuan pendidikan khusunya guru maupun siswa untuk dapat memanfaatkan aplikasi google dalam proses pembelajaran terutama di masa pandemi saat ini. Untuk itu direncakan minggu depan akan melakukan pertemuan secara virtual maupun tatap muka dengan seluruh kepala sekolah di 11 Kabupaten/Kota dalam rangka menindaklanjuti pertemuan ini.

Sementara kunjungan dari Kepala Kantor Bahasa Maluku beserta staf melakukan pertemuan dengan Kadis Dikbud dalam rangka membicarakan pelaksanaan Apresiasi Giat Uji Kemahairan Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka. UKBI Adaptif merdeka merupakan sarana uji untuk mengukur kemahiran seseorang dalam berbahasa Indonesia lisan dan tulis. UKBI terdiri atas lima seksi, yaitu Seksi I (Mendengarkan), Seksi II (Merespons Kaidah), dan Seksi III (Membaca) dalam bentuk soal pilihan ganda serta Seksi IV (Menulis) dalam bentuk presentasi tulis dan Seksi V (Berbicara) dalam bentuk presentasi lisan. Kepala Kantor Bahasa Maluku menyampaikan pelaksanaan UKBI Adaptif merdeka ini minimal diikuti oleh 3.000 siswa yang dilaksanakan secara online dengan menggunakan aplikasi yang dapat menampung 1.500 siswa per satu kali tes dan nantinya siswa akan mendapatkan sertifikat yang berlaku selama 2 tahun. Menanggapi hal tersebut Kadis Dikbud menyampaikan bahwa untuk pelaksanaan UKBI ini akan mewajibkan seluruh siswa mengikuti kegiatan ini.

Selanjutnya kenjungan dari Perwakilan Himpunan Pendidikan Matematika Maluku dalam rangka menyampaikan rencananya untuk pelaksanaan pelatihan pembelajaran matematika untuk para guru matematika dengan menggunakan Software SOWISO yang narasumbernya berasal dari Universitas Padjajaran. Pada kesempatan ini pula perwakilan himpunan matematika juga meminta kesediaan Kadis Dikbud Maluku untuk membuka kegiatan tersebut nantinya. Sementara perwakilan dari penerbit erlangga melakukan pertemuan dalam rangka kegiatan sosialisasi program-program pada satuan pendidikan diantaranya terkait dengan digitalisasi sekolah, kurikulum prototipe, optimalisasi penggunaan RKAS Online, penyusunan soal Hots berbasis AKM, tips dan trik sukses UTBK dan try out US offline dan online.