Jumat, 11 Maret 2022 Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Ibu Dr. Ir. Insun Sangadji, M.Si melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Buru dan Buru Selatan dalam rangka membuka kegiatan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah jenjang SMA yang menyelenggarakan Bimbingan Teknis Penyusunan Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS - Online) Tahun 2022 yang dipusatkan di Citra Wangi Resort, Waepo, Kabupaten Buru dan berlangsung mulai tanggal 11 s.d 12 Maret 2022.

Dalam sambutan dan arahannya Kadis Dikbud menyampaikan bahwa walaupun kita semua berada pada situasi Pandemi Covid 19 tetapi ikthiar kita untuk memajukan pendidikan di maluku harus tetap berjalan.  Kadis Dikbud mengapresiasi kepada Forum MKKS SMA Kabupaten Buru dan Buru Selatan serta Cabang Dinas di 2 wilayah tersebut yang telah bersama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku untuk merancang suatu perencanaan Pendidikan yang baik dan berkualitas. Tentu tugas dan tanggungjawab kita selaku institusi yang mengelola urusan Pendidikan di Daerah  amatlah besar dalam mengoptimalkan program, Kebijakan, Strategi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku guna memberikan layanan dan peningkatan mutu pendidikan.

Melanjutkan sambutannya, menyampaikan bahwa tanggungawab besar ini janganlah dipandang sebagai beban tapi pandanglah sebagai kehormatan. MKKS SMA, Cabang Pendidikan Menengah dan Khusus Kabupaten Buru dan Buru Selatan bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Provinsi Maluku mendapatkan kehormatan untuk Menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan program program Pendidikan dan Kebudayaan melalui kegiatan rapat Kerja MKKS ini.

Di hari yang sama juga Kadis Dikbud Provinsi Maluku meresmikan Gedung Pusat Keunggulan (PK) Agribisnis Ternak Unggas SMK Negeri 1 Buru. Dalam acara peresmian Kadis Dikbud memberikan sambutan yang menyampaikan bahwa sesuai amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pada pasal 45 ayat (1) bahwa Setiap satuan pendidikan formal dan nonformal menyediakan sarana dan prasarana yang memenuhi keperluan pendidikan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan potensi fisik, kecerdasan intelektual, sosial, emosional, dan kejiwaan peserta didik.

Pengembangan sarana prasarana pada SMK difokuskan pada pengembangan SMK menjadi SMK Pusat Keunggulan berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan dalam rangka meningkatkan kualitas dan daya saing Sumber Daya Manusia Indonesia. Instruksi Presiden tersebut mengamanatkan perlunya dilakukan revitalisasi SMK secara komprehensif untuk menghasilkan lulusan SMK yang berdaya saing dan siap menghadapi tantangan dan dinamika perkembangan nasional maupun global. Olehnya SMK Negeri 1 Buru yang telah ditetapkan menjadi SMK Pusat Keunggulan (PK) harus mampu menjadi pusat training dan memiliki otorisasi untuk mensertifikasi guru atau siswa, serta dapat menghasilkan produk barang dan atau jasa yang dapat diserap industri ataupun pasar langsung, tutupnya.