Setelah tiga hari penuh melaksanakan Forum OPD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku dengan melibatkan seluruh komponen pendidikan dari 11 kabupaten/kota dalam lingkup Dikbud Provinsi Maluku ditambah lagi dengan instansi terkait, maka didapatkan puluhan program kerja dari empat bidang masing-masing SMA, SMK, PKLK- GTK dan Kebudayaan.

Program kerja dirincikan untuk SMA sebanyak 10 program, SMK 37 program, PKLK-GTK 10 program dan Kebudayaan sebanyak 41 program, dimana semuanya itu didapatkan dengan perhatian yang benar – benar fokus untuk memajukan pendidikan di bumi raja raja.

Menyangkut puluhan program yang sudah disusun dengan penuh tanggungjawab itu, pada acara penutupan Forum OPD Dikbud Maluku, Kamis (20/2/2020), Ibu Insun Sangadji selaku Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku memberikan apresiasi yang sangat mendalam kepada peserta dari seluruh kabupaten/kota, dan berharap kepada peserta agar program yang sudah diprioritaskan itulah yang diutamakan.
Salah satunya membangun kerjasama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Maluku. Selain itu, menyangkut guru produktif untuk SMK serta guru berprestasi itu juga menjadi prioritas, namun bukan berarti sepelehkan program lainnya karena semuanya penting.

Menurutnya, ada lagi program peningkatan mutu guru mesti diperhatikan dengan memberikan warning kepada para kepala sekolah dan pengawas, supaya dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggungjawab. Sebab kita tahu bersama, guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa.

Terkait semua program yang telah disusun pada bidang masing-masing tersebut, Ibu Insun, yang sangat tidak mau anak- anaknya kecewa bertutur semua program yang sudah dibuat akan berusaha untuk dilaksanakan.

“Kalau saya sudah bertemu Bapak Gubernur, Wakil Gubernur dan Sekda tentu hal terpenting adalah membicarakan apa saja yang dibutuhkan demi terbaiknya mutu pendidikan, dan ketiga pimpinan ini sangat mendukung majunya dunia pendidikan. Hingga mengharapkan kepada semua insan pendidikan di Maluku, marilah kita bergandengan tangan dengan terus membangun koordinasi demi masa depan anak-anak Maluku,”tuturnya.

Disamping itu juga, Plt Kadis berterimakasih kepada Bagian Perencanaan dan Tugas Pembantuan  dibawah Pimpinan Farid Hatala, yang sudah dapat melaksanakan kegiatan Forum OPD Dikbud Maluku dari awal sampai akhir berjalan dengan sangat baik. ()