Berdasarkan perhitungan Dapodik bahwa kebutuhan guru di sekolah negeri, di luar guru yang berstatus PNS yang saat ini mengajar, mencapai satu juta guru. Jumlah guru PNS yang tersedia di sekolah negeri hanya 60 % (enam puluh persen) dari jumlah kebutuhan seharusnya. Hal ini menyebabkan kurangnya pelayanan yang optimal kepada peserta didik. Oleh karena hal tersebut, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) pada tahun 2021 mempunyai kebijakan untuk melakukan pemenuhan guru melalui seleksi pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk Jabatan Fungsional (JF) Guru. Khusus untuk provinsi maluku memiliki kuota Guru PPPK sebanyak 2.335 sedangkan jumlah pendaftar sebanyak 3.076 guru yang akan mengikuti tes seleksi PPPK.

Dalam rangka persiapan pelaksanaan tes seleksi, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku melaksanakan Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Tes PPPK Jabatan Fungsional Guru Provinsi Maluku Tahun 2021 bertempat di Hotel Lee Green Ambon. Kegiatan Rakor ini dibuka langsung oleh Ibu Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Dr. Ir. Insun Sangadji, M.Si. Pelaksanaan kegiatan ini secara kombinasi yaitu daring dan tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat dan dilaksanakan selama 3 hari, mulai pada hari selasa s.d hari kamis, tanggal 7 s.d 9 september 2021.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Bapak Husen, S.Pd, M.Pd menjadi narasumber dalam kegiatan rakor tersebut. Adapun peserta yang mengikuti kegiatan rakor baik secara tatap muka langsung maupun secara daring adalah seluruh Tim Teknis, para Kepala Cabang Dinas se Provinsi Maluku, para penanggungjawab Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang terdiri dari Kepala Sekolah serta seluruh Proktor Utama.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memberikan pembekalan teknis pelaksanaan Tes Seleksi PPPK JF Guru yang dilaksanakan dengan menggunakan CAT – UNBK Semi Online. Adapun jadwal tahapan pelaksanaan seleksi PPPK JF Guru sebagai berikut :

1.      Pengumuman daftar peserta, waktu, dan tempat seleksi: 9 September 2021.

2.      Cetak kartu peserta: 9-12 September 2021.

3.      Pelaksanaan seleksi kompetensi 1: 13-17 September 2021.

4.      Pengumuman hasil seleksi kompetensi 1: 24 September 2021.

5.      Masa sanggah 1: 24-27 September 2021

Para guru honorer/Peserta Tes PPPK agar mempersiapkan diri secara matang dalam menghadapi tes ini agar bisa sukses dan lulus sehingga dapat memenuhi kuota yang telah ditetapkan serta dapat menjawab kekurangan tenaga pendidik di Provinsi Maluku.