Jumat, 18 Maret 2022 Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Husen, S.Pd, M.Pd menegaskan bahwa pada tahun 2022 ini tidak ada lagi Ujian Nasional bagi siswa siswi SMA dan SMK seperti tahun-tahun sebelumnya. Sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud No. 1 Tahun 2021 mulai tahun 2021 tidak ada lagi Ujian Nasional. Asesmen Nasional (AN) diperuntukkan bagi siswa kelas XI. Olehnya penentu kelulusan siswa SMA dan SMK kelas XII adalah nilai portopolio, nilai tugas dan nilai ujian sekolah serta uji kompetensi keahlian bagi siswa SMK.

Pelaksanaan Ujian Sekolah jenjang SMA dan SMK secara serentak se Provinsi Maluku akan dimulai pada hari Senin, 21 Maret 2022 yang akan di buka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Dr. Ir. Insun Sangadji, M.Si yang dipusatkan di SMA Negeri 1 Ambon dan akan di ikuti oleh seluruh sekolah (SMA/SMK) se Provinsi Maluku secara virtual dari sekolah masing-masing.

Sekdis Dikbud melanjutkan bahwah secara teknis pelaksanaan Ujian Sekolah di SMA dan SMK di Provinsi Maluku mayoritas dilaksanakan dengan Ujian Berbasis Komputer (UBK) hanya dibeberapa lokasi tertentu yang berada di wilayah blank spot maupun belum ada aliran listrik dan peralatan komputer belum memadai dilaksanakan dengan Ujian Berbasis Kertas. Jauh hari juga telah melakukan pemberitahuan ke Cabang-Cabang Dinas yang ada di Kabupaten/Kota untuk melakukan kordinasi dengan pihak PLN dan Telkom yang ada di wilayah masing-masing, agar dapat memastikan selama pelaksanaan Ujian Sekolah berlangsung tidak terjadi pemadaman listrik maupun gangguan jaringan internet.

Terakhir Sekdis Dikbud menegaskan kembali agar para peserta Ujian Sekolah mempersiapkan diri dengan baik, banyak mempelajari materi maupun kisi-kisi ujian yang telah diberikan oleh guru dan harus tetap menjaga kondisi kesehatan dengan mematuhi protokol Kesehatan karena kita masih berada dalam kondisi pandemi covid-19, tutupnya.