Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Sekolah Menengah Kejuruan (FLS2N-SMK) Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2021 merupakan salah satu ajang untuk melejitkan talenta, keterampilan dan prestasi siswa pada bidang seni di tengah pandemi covid-19 yang masih melanda negeri. Kegiatan ini juga merupakan seleksi mencari siswa/siswi untuk mewakili provinsi Maluku ke Tingkat Nasional.

Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku selaku penyelenggara, sukses menggelar kegiatan FLS2N Tingkat Provinsi yang berlansung di Hotel Golden Place dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Secara teknis pelaksanaan seleksi para peserta yang berjumlah kurang lebih 40 siswa/siswi ini melakukan penampilan secara daring/virtual yang selanjutnya dilakukan penilaian oleh dewan juri.

Kepala Bidang Pembinaan SMK, Ibu Anisa, SE menyampaikan Seleksi FLS2N Tingkat Provinsi telah selesai dilaksanakan dan para dewan juri telah memberikan hasil penilaian untuk 8 (delapan) bidang/mata lomba ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku. Ada 8 (delapan) peserta yang berhasil menjadi pemenang dan selanjutnya akan mewakili Provinsi Maluku ke Tingkat Nasional. Lanjut Kepala Bidang Pembinaan SMK mengaku sangat bangga melihat penampilan demi penampilan peserta yang sangat memukau. Beliau berharap Juara yang nanti akan mewakili Maluku ke FLS2N SMK Tingkat Nasional dapat merebut Juara. Olehnya para peserta yang telah ditetapkan sebagai pemenang harus mempersiapkan diri secara matang dan tetap percaya diri karena akan bersaing dengan para peserta secara nasional.

Berikut nama-nama pemenang FLS2N SMK Tingkat Provinsi Maluku tahun 2021 yaitu pada bidang/mata lomba nyanyi solo juara pertama Jaquaine Fransa Pattiruhu dari SMK Negeri 1 Kota Ambon, mata lomba gitar solo atas nama Gelead Yames Rahawarin dari SMK Negeri 7 Ambon, selanjutnya untuk film pendek/fiktif atas nama Vangka Gladies Kalatti dari SMK Negeri 1 Ambon, untuk lomba monolog atas nama Sheren Christian juga dari SMK Negeri 1 Ambon, pada lomba tarian tradisional atas nama Paulus Saliama dari SMK Negeri 4 Ambon, selanjutnya untuk musik tradisional daerah yakni kelompok satu dari SMK Negeri 1 Ambon, lomba film pendek/dokumenter keluar sebagai juara atas nama Aldea Dulgga Falnami Said dari SMK Negeri 7 Ambon dan Jioliffila Weldelensia Koranelao sebagai juara pada mata lomba seni lukis dari SMK Negeri 4 Ambon.