Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku ikut berpartisipasi dalam pameran Maluku Baileo Exhibition di Mall Ratu Indah Makassar, 4-6 Februari 2022. Tiga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) binaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku ikut memamerkan produk-produk andalannya.

Ketiga sekolah itu adalah SMK Negeri 5 Ambon, SMK Negeri 6 Ambon, dan SMK Muhammadiyah Ambon. Ketiganya memiliki stand dan menampilkan produk-produk unggulan.

SMK Negeri 6 Ambon antara lain memamerkan hasil olahannya yang kini menjadi produk UMKM seperti minuman sarikajo dan jamu farmafit. Minuman sarikajo merupakan sari kacang ijo yang dikemas dalam bentuk botolan.

“Kalau jamu farmafit itu punya khasiat banyak. Di antaranya meningkatkan daya tahan tubuh, antiradang, antibakteri dan lainnya,” kata Laurencia, siswa SMK Negeri 6 Ambon yang menjadi penjaga stand.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Dr. Ir. Insun Sangadji, M. Si mengatakan pihaknya sengaja mengikutkan beberapa SMK yang sudah menghasilkan produk dalam pameran di Makassar ini. Ia berharap produk-produk olahan SMK di Maluku ke depan semakin banyak sehingga bisa mendorong pengembangan UMKM di Maluku.

Selain menjadi peserta pameran, selama di Makassar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku juga menjajaki kerja sama dengan banyak pihak. Mulai dari kalangan industri hingga kerja sama pengembangan kualitas guru dengan Universitas Negeri Makassar. Bahkan Sabtu, 5 Februari siang ini, Kadis Pendidikan Maluku dan rombongan juga akan melakukan kunjungan industri ke PT Perikanan Indonesia.

Sumber : https://www.ujungjari.com/2022/02/05/tiga-smk-di-ambon-ikut-pamerkan-produk-unggulan-di-makassar/