PRODUK / JENIS LAYANAN

Mohon Perhatian..
Bantu kami memperbaikin Pelayanan Kami dengan mengisi Kuesioner IKM ini.
SEKRETARIAT / BIDANG Produk / Jenis Layanan
SEKRETARIAT
  1. Layanan Surat Menyurat [Detail]
  2. Layanan Kenaikan Pangkat [Detail]
  3. Layanan Kenaikan Gaji Berkala [Detail]
  4. Layanan Izin Praktek Kerja Lapangan Industri (Prakerin) [Detail]
  5. Layanan Izin Cuti PNS [Detail]
  6. Layanan Izin Perceraian PNS [Detail]
  7. Layanan Penerbitan Izin Belajar/Tugas Belajar [Detail]
  8. Layanan Pembuatan Kartu Pgawai (KARPEG) [Detail]
  9. Layanan Pembuatan Kartu Istri/Kartu Suami (KARSI/KARSU) [Detail]
  10. Layanan Usul Pembuatan Taspen [Detail]
  11. Layanan Usul Pensiun [Detail]
  12. Layanan Izin Penelitian [Detail]
  13. Layanan Usul Pembuatan SK 100% [Detail]
  14. Layanan Usul Penyesuaian Gelar Akademi [Detail]
BIDANG PEMBINAAN KETENAGAAN (GTK)
  1. Layanan Mutasi Guru Dalam/Luar Provinsi [Detail]
  2. Layanan Penerbitan NUPTK [Detail]
  3. Layanan Pengajuan Tunjangan Guru [Detail]
  4. Layanan Seleksi Calon Kepala Sekolah [Detail]
  5. Layanan Pengajuan SIM PKB Guru [Detail]
BIDANG PEMBINAAN SMA
  1. Layanan Mutasi Siswa [Detail]
  2. Layanan DAPODIK [Detail]
  3. Layanan NPSN [Detail]
  4. Layanan BOS [Detail]
  5. Layanan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) [Detail]
  6. Layanan KTSP [Detail]
  7. Layanan Legalisir STTB/Ijazah/DANEM/SKHUN/SKYBS [Detail]
  8. Layanan Surat Keterangan Kesalahan Penulisan Ijazah [Detail]
  9. Layanan Surat Keterangan Ijazah/STTB Rusak [Detail]
  10. Layanan Izin Operasional SMA Negeri [Detail]
  11. Layanan Rekomendasi Ijin Pendirian SMA Negeri [Detail]
  12. Layanan Rekomendasi Ijin Pendirian SMA Swasta [Detail]
BIDANG PEMBINAAN SMK
  1. Layanan Mutasi Siswa SMK [Detail]
  2. Layanan Rekomendasi Ijin Pendirian SMK Negeri [Detail]
  3. Layanan Rekomendasi Ijin Operasional SMK Negeri [Detail]
  4. Layanan Rekomendasi Ijin Operasional SMK Swasta [Detail]
  5. Layanan Rekomendasi Pembukaan/Penambahan Kompetensi Keahlian Baru SMK [Detail]
  6. Layanan Bantuan Operasional Sekola (BOS) SMK [Detail]
  7. Layanan Pengesahan Kurikulum SMK [Detail]
  8. Layanan Legalisir Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) SMK dan Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SKHUN) [Detail]
  9. Layanan Surat Keterangan Pengganti Ijazah (STTB) SMK dan Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SKHUN SMK) [Detail]
BIDANG PEMBINAAN PENDIDIKAN KHUSUS
  1. Layanan Rekomendasi Pendirian SLB [Detail]
  2. Layanan Mutasi Siswa SLB [Detail]
  3. Layanan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SLB [Detail]
  4. Layanan Legalisir Ijazah / STTB dan SKHUN SLB [Detail]
Persyaratan Biaya Waktu Mekanisme
Surat Masuk dan Surat Keluar Rp. 0,- 15 Menit
  1. Surat Masuk Ke Loket Pelayanan
  2. Pencatatan oleh Petugas
  3. Disampaikan ke Ibu Kepala Dinas (Lembar disposisi)
  4. Disampaikan ke Pimpinan
  5. Ditindaklanjuti sesuai disposisi dan arahan Kepala Dinas
Persyaratan Biaya Waktu Mekanisme
Surat Pengantar dari Satuan Pendidikan, SK Pangkat Terakhir, Karpeg, Konvesi Nip, Fotocopy Legalisir Ijasah Terakhir, Transkip Nilai, Sertifikat Pendidik, SKP 2 Tahun Terakhir Rp. 0,- 150 Menit
  1. Berkas usul kenaikan pangkat di masukan ke loket
  2. Berkas usul kenaikan pangkat di periksa oleh Sekretariat Tim Angka Kredit
  3. Berkas Usul Kenaikan Pangkat di Verifikasi oleh Kasubag Kepegawaian kemudian disampaiakan ke Tim Angka Kredit untuk dinilai
  4. Penilaian Tim Angka Kredit atas usulan kenaikan pangkat kemudian dikembalikan ke Kasubag Kepegawaian untuk selanjutnya di tanda tangani surat pengantar ke BKD untuk di Proses ke BKN
Persyaratan Biaya Waktu Mekanisme
Surat Pengantar dari Satuan Pendidikan, Fotocopy SK CPNS, Fotocopy SK PNS dan Fotocopy SK Gaji Berkal Terakhir Rp. 0,- 120 Menit
  1. Penyampaian permohonan kenaikan gaji berkala ke loket pelayanan
  2. Petugas mencatat dan memberikan kepada operator yang menangani gaji berkala untuk diverifikasi
  3. pembuatan daraft sk gaji berkala oleh operator dan disampaikan untuk kasubag kepegawaian dan sekretaris untuk dilakukan paraf koordinasi
  4. Draft SK Kenaikan Gaji Berkala disampaiakan ke Kepala Dinas untuk di Tandatangani
  5. SK Gaji Berkala yang sudah ditandatangani kemudian disampaiakan kepada pemohon
Persyaratan Biaya Waktu Mekanisme
Surat Pemohon dari Unit Kerja Pemohon ( Sekolah/Kampus) Rp. 0,- 60 Menit
  1. Berkas Pemohon disampaikan ke loket layanan
  2. Petugas layanan mencatat berkas pemohon dan di sampaikan ke operator yang membidangi
  3. Operator membuat Draft SK Praktek Kerja Lapanagan Industri kemudian disampaikan ke Kasubag Kepegawaian dan Sekretaris Dinas untuk di periksa
  4. Draft SK disampaikan ke Kepala Dinas untuk di tandatangani
  5. SK yang sudah ditandatangani kemudian di sampaikan kepada pemohon
Persyaratan Biaya Waktu Mekanisme
Surat permohonan izin dan/atau cuti dari PNS, surat keterangan dokter (bagi izin sakit dan/atau bersalin Rp. 0,- 60 Menit
  1. Berkas Pemohon disampaikan ke loket layanan
  2. Petugas layanan mencatat berkas pemohon dan di sampaikan ke operator yang membidangi
  3. Operator membuat Draft Izin atau cuti kemudian disampaikan ke Kasubag Kepegawaian dan Sekretaris Dinas untuk di periksa
  4. Surat izin atau cuti disampaikan ke Kepala Dinas untuk ditandatangani
  5. Surat izin yang sudah di tandatangani kepala dinas dikembalikan ke loket untuk disampaikan ke PNS pemohon
Persyaratan Biaya Waktu Mekanisme
Surat permohonan pribadi, surat keterangan atasan langsung, Surat/Dokumen pendukung dari kantor agama, SK CPNS 80%, SK 100%, SK Pangkat Terakhir, Karpeg, Akta Nikah dan Akta Keluarga Rp. 0,- 60 Menit
  1. Penyampaian berkas pemohon ke loket pelayanan
  2. Petugas layanan mencatat berkas pemohon dan di sampaikan ke operator yang membidangi
  3. Pembuatan telaah oleh operator dan disampaikan kepada kasubag kepegawaian dan sekretaris untuk di periksa dan dikembalikan kepada operator
  4. Pembuatan draft Rekomendasi percereraian oleh operator dan disampaikan kepada kepala dinas
  5. Draft rekomendasi dan dokumen kelengkapannya disampaikan kepada kepala dinas untuk ditandatangani
  6. Surat izin rekomendasi yang sudah di tandatangani kemudian dikembalikan ke loket untuk ditindaklanjuti dan disampaikan kepada PNS yang bersangkutan
Persyaratan Biaya Waktu Mekanisme
Surat Pengantar dari satuan pendidikan, surat permohonan izin belajar dan/atau tugas belajar dari unit kerja, rekomendasi dari perguruan tinggi/lolos perguruan tinggi, SK pangkat terakhir, daftar riwayat hidup, SKP 2 tahun terakhir, KARPEG, surat pernyataan tidak mengganggu jam kerja, ijazah terakhir Rp. 0,- 60 Menit
  1. Menyerahkan berkas permohonan izin belajar dan/atau tugas belajar ke loket
  2. Memeriksa kelengkapan berkas pemohon, jika tidak lengkap maka dikembalikan kepada pemohon. Jika lengkap maka ditindaklanjuti
  3. Membuat draft surat pengantar yang ditujukan kepada BKD terkait penerbitan surat izin belajar dan/atau tugas belajar. Selanjutnya diperiksa dan diparaf oleh Kasubag Kepegawaian dan Umum
  4. Memeriksa kembali draft surat pengantar izin belajar dan/atau tugas belajar beserta kelengkapannya. Jika ada kesalahan maka dikembalikan lagi kepada pengadministrasi kepegawaian, dan jika disetujui maka memberikan paraf koordinasi agar dapat diteruskan kepada Sekretaris Dinas
  5. memeriksa kembali draft surat pengantar izin belajar dan/atau tugas belajar beserta kelengkapannya. Jika ada kesalahan/tidak disetujui maka dikembalikan lagi kepada Kasubag Kepegawaian dan Umum, dan jika disetujui maka memberikan paraf koordinasi agar dapat diteruskan kepada Kepala Dinas
  6. Memeriksa kembali draft surat pengantar izin belajar dan/atau tugas belajar beserta kelengkapannya. Jika ada kesalahan/tidak disetujui maka dikembalikan lahi kepada Sekretaris Dinas, dan jika disetujui maka memberikan tanda tangan surat izin belajar dan/atau tugas belajar
  7. Memberikan nomor surat pengantar izin belajar dan/atau tugas belajar, mencatat dalam buku agenda dan menindaklanjuti surat pengantar tersebut ke BKD
Persyaratan Biaya Waktu Mekanisme
Surat Pengantar, SK CPNS, SK PNS, SK Pangkat Terakhir, Foto Ukuran 2x3 (2 lembar), STTPP, Formulir Isian KARPEG Rp. 0,- 120 Menit
  1. Menyerahkan berkas usulan pembuatan KARPEG kepada pengadministrasi kepegawaian
  2. Memeriksa kelengkapan berkas pemohon, jika tidak lengkap maka dikembalikan kepada pemohon. Jika lengkap maka ditindaklanjuti
  3. Membuat draft surat pengantar yang ditujukan kepada BKD terkait berkas usulan pembuatan KARPEG. Selanjutnya diperiksa dan diparaf oleh Kasubag Kepegawaian dan Umum.
  4. Memeriksa draft surat pengantar berkas usulan pembuatan KARPEG beserta kelengkapannya. Jika ada kesalahan maka dikembalikan lagi kepada pengadministrasi kepegawaian, dan jika disetujui maka memberikan paraf koordinasi agar dapat diteruskan kepada Sekretaris Dinas
  5. Memeriksa kembali draft surat pengantar berkas usulan pembuatan KARPEG beserta kelengkapannya. Jika ada kesalahan/tidak disetujui maka dikembalikan lagi kepada Kasubag Kepegawaian dan Umum, dan jika disetujui maka memberikan tanda tangan pada surat pengantar
  6. Memberikan nomor surat pengantar berkas usulan pembuatan KARPEG, mencatat dalam buku agenda dan menindaklanjuti surat pengantar tersebut ke BKD
Persyaratan Biaya Waktu Mekanisme
SK 80%, SK 100%, Foto Copy KTP, dan KARPEG Rp. 0,- 120 Menit
  1. Menyerahkan berkas usulan pembuatan TASPEN kepada pengadministrasi kepegawaian
  2. Memeriksa kelengkapan berkas pemohon, jika tidak lengkap maka dikembalikan kepada pemohon. Jika lengkap maka ditindaklanjuti
  3. Membuat draft surat pengantar yang ditujukan kepada BKD terkait berkas usulan Pembuatan TASPEN. Selanjutnya diperiksa, diparaf, dan ditandatangani oleh Kasubag Kepegawaian dan Umum
  4. Memeriksa draft Surat Pengantar usulan Pembuatan TASPEN beserta kelengkapannya. Jika ada kesalahan maka dikembalikan lagi kepada pengadministrasian kepegawaian, dan jika disetujui maka memberikan paraf koordinasi agar dapat diteruskan kepada Sekretaris Dinas
  5. Memeriksa kembali Surat Pengantar usulan Pembuatan TASPEN beserta kelengkapannya. Jika ada kesalahan/tidak disetujui maka dikembalikan lagi kepada Kasubag Kepegawaian dan Umum, dan jika disetujui maka memberikan tanda tangan pada surat pengantar
  6. Memberikan nomor Surat Pengantar usulan Pembuatan TASPEN beserta kelengkapannya, mencatat dalam buku agenda dan menindaklanjuti surat pengantar dan berkas tersebut ke BKD
Persyaratan Biaya Waktu Mekanisme
Surat Pengantar, Fromulir Isian Laporan Perkawinan Pertama, Akta Nikah, Akta Keluarga, Fotoopy KARPEG, SK Pangkat Terakhir, Foto ukuran 2x3 (3 lembar) Rp. 0,- 60 Menit
  1. Menyerahkan berkas usulan pembuatan KARIS/KARSU kepada pengadministrasi kepegawaian
  2. Memeriksa kelengkapan berkas pemohon, jika tidak lengkap maka dikembalikan kepada pemohon. Jika lengkap maka ditindaklanjuti
  3. Membuat draft surat pengantar yang ditujukan kepada BKD terkait berkas usulan pembuatan KARIS/KARSU. Selanjutnya diperiksa dan diparaf oleh Kasubag Kepegawaian dan Umum.
  4. Memeriksa draft surat pengantar berkas usulan pembuatan KARIS/KARSU beserta kelengkapannya. Jika ada kesalahan maka dikembalikan lagi kepada pengadministrasi kepegawaian, dan jika disetujui maka memberikan paraf koordinasi agar dapat diteruskan kepada Sekretaris Dinas
  5. Memeriksa kembali draft surat pengantar berkas usulan pembuatan KARIS/KARSU beserta kelengkapannya. Jika ada kesalahan/tidak disetujui maka dikembalikan lagi kepada Kasubag Kepegawaian dan Umum, dan jika disetujui maka memberikan tanda tangan pada surat pengantar
  6. Memberikan nomor surat pengantar berkas usulan pembuatan KARIS/KARSU, mencatat dalam buku agenda dan menindaklanjuti surat pengantar tersebut ke BKD
Persyaratan Biaya Waktu Mekanisme
Salinan SK 80% sd SK Terakhir, Salinan Berkala Terakhir, Salinan KARPEG dan/atau KPE, Salinan SK Jabatan Terakhir, SKP 2 Tahun Terakhir, Surat Pernyataan Telah Menyerahkan Semua Surat/Barang Milik Negara kepada Pimpinan, Salinan Akta Nikah, Surat Permintaan Pembayaran Pensiun, Salinan Akta Keluarga, Daftar Riwayat Pekerjaan, Foto 4x6 (6 lembar), KARIS/KARSU, KTP Suami dan Isteri, Akta Kelahiran Suami/Isteri dan Anak, NPWP, Materai 6000 (2 lembar), SK Fungsional, SK Peralihan BKN Rp. 0,- 60 Menit
  1. Menyerahkan berkas usulan Pensiun kepada pengadministrasi kepegawaian
  2. Memeriksa kelengkapan berkas pemohon, jika tidak lengkap maka dikembalikan kepada pemohon. Jika lengkap maka ditindaklanjuti
  3. Membuat draft Surat Keterangan Bebas Hukuman Disiplin, Surat Keterangan Riwayat Pekerjaan, dan Surat Pengantar ke BKD. Selanjutnya diperiksa dan diparaf oleh Kasubag Kepegawaian dan Umum.
  4. Memeriksa draft Surat Keterangan Bebas Hukuman Disiplin, Surat Keterangan Riwayat Pekerjaan, dan Surat Pengantar beserta kelengkapan berkas usul Pensiun. Jika ada kesalahan maka dikembalikan lagi kepada pengadministrasi kepegawaian, dan jika disetujui maka memberikan paraf koordinasi agar dapat diteruskan kepada Sekretaris Dinas
  5. Memeriksa kembali draft Surat Keterangan Bebas Hukuman Disiplin, Surat Keterangan Riwayat Pekerjaan, dan Surat Pengantar BKD usulan Pensiun. Jika ada kesalahan maka dikembalikan lagi kepada Kasubag Kepegawaian dan Umum, dan jika disetujui maka memberikan
  6. Memeriksa kembali draft Surat Keterangan Bebas Hukuman Disiplin, Surat Keterangan Riwayat Pekerjaan, dan Surat Pengantar BKD usulan Pensiun. Jika ada kesalahan maka dikembalikan lagi kepada Sekretaris, dan jika disetujui maka memberikan tanda tangan pada surat-surat tersebut
  7. Memberikan nomor Surat Keterangan Bebas Hukuman Disiplin, Surat Keterangan Riwayat Pekerjaan, dan Surat Pengantar BKD, mencatat dalam buku agenda dan menindaklanjuti surat dan berkas kelengkapan usul Pensiun tersebut ke BKD
Persyaratan Biaya Waktu Mekanisme
Surat Permohonan Pribadi, Substansi Penelitian, dan Surat Rekomendasi dari Kesbangpol Rp. 0,- 60 Menit
  1. Menyerahkan berkas usulan Ijin Penelitian kepada pengadministrasi kepegawaian
  2. Memeriksa kelengkapan berkas pemohon, jika tidak lengkap maka dikembalikan kepada pemohon. Jika lengkap maka ditindaklanjuti
  3. Membuat draft surat rekomendasi yang ditujukan kepada Lingkup OPD atau Lingkup Satuan Pendidikan terkait Ijin Penelitian. Selanjutnya diperiksa, diparaf, dan ditandatangani oleh Kasubag Kepegawaian dan Umum
  4. Memeriksa draft Surat Rekomendasi usulan Ijin Penelitian beserta kelengkapannya. Jika ada kesalahan maka dikembalikan lagi kepada pengadministrasi kepegawaian, dan jika disetujui maka memberikan paraf koordinasi agar dapat diteruskan kepada Sekretaris Dinas
  5. Memeriksa kembali Surat Rekomendasi Ijin Penelitian beserta kelengkapannya. Jika ada kesalahan/tidak disetujui maka dikembalikan lagi kepada Kasubag Kepegawaian dan Umum, dan jika disetujui maka memberikan tanda tangan pada surat rekomendasi.
  6. Memberikan nomor Surat Prekomendasi Ijin Penelitian beserta kelengkapannya, mencatat dalam buku agenda dan menindaklanjuti Surat Rekomendasi tersebut pada Lingkup OPD maupun Lingkup Satuan Pendidikan
Persyaratan Biaya Waktu Mekanisme
Surat Pengantar, Surat Perintah Tugas (SPT), SK 80%, STTPP, SKCK, Surat Sehat Bebas Narkoba, Ijazah dan Transkrip Nilai, SKP 1 Tahun Terakhir Rp. 0,- 60 Menit
  1. Menyerahkan berkas usulan Pembuatan SK PNS 100% kepada pengadministrasi kepegawaian
  2. Memeriksa kelengkapan berkas pemohon, jika tidak lengkap maka dikembalikan kepada pemohon. Jika lengkap maka ditindaklanjuti
  3. Membuat draft surat pengantar yang ditujukan kepada BKD terkait berkas usulan Pembuatan SK PNS 100%. Selanjutnya diperiksa, diparaf, dan ditandatangani oleh Kasubag Kepegawaian dan Umum
  4. Memeriksa draft Surat Pengantar usulan Pembuatan SK PNS 100% beserta kelengkapannya. Jika ada kesalahan maka dikembalikan lagi kepada pengadministrasian kepegawaian, dan jika disetujui maka memberikan paraf koordinasi agar dapat diteruskan kepada Sekretaris Dinas
  5. Memeriksa kembali Surat Pengantar usulan Pembuatan SK PNS 100% beserta kelengkapannya. Jika ada kesalahan/tidak disetujui maka dikembalikan lagi kepada Kasubag Kepegawaian dan Umum, dan jika disetujui maka memberikan tanda tangan pada surat pengantar
  6. Memberikan nomor Surat Pengantar usulan Pembuatan SK PNS 100% beserta kelengkapannya, mencatat dalam buku agenda dan menindaklanjuti surat pengantar dan berkas tersebut ke BKD
Persyaratan Biaya Waktu Mekanisme
Surat Pengantar, Ijazah dan Transkrip Nilai Baru, SK Ijin/Tugas Belajar, PDPT, SKP 1 Tahun Terakhir, Pemberhentian dan Pengangkatan Kembali (bagi Tugas Belajar), Uraian Tugas Lama dan Baru Rp. 0,- 60 Menit
  1. Menyerahkan berkas usulan Peningkatan Pendidikan (PP) kepada pengadministrasi kepegawaian
  2. Memeriksa kelengkapan berkas pemohon, jika tidak lengkap maka dikembalikan kepada pemohon. Jika lengkap maka ditindaklanjuti
  3. Membuat draft surat pengantar yang ditujukan kepada BKD terkait berkas Peningkatan Pendidikan (PP) dan Surat Keterangan Pengingkatan Pendidikan (PP). Selanjutnya diperiksa, diparaf, dan ditandatangani oleh Kasubag Kepegawaian dan Umum
  4. Memeriksa draft Surat Pengantar Peningkatan Pendidikan (PP) dan Surat Keterangan Pengingkatan Pendidikan (PP) beserta kelengkapannya. Jika ada kesalahan maka dikembalikan lagi kepada pengadministrasian kepegawaian, dan jika disetujui maka memberikan paraf koordinasi agar dapat diteruskan kepada Sekretaris Dinas
  5. Memeriksa kembali Surat Pengantar usulan Peningkatan Pendidikan (PP) dan Surat Keterangan Pengingkatan Pendidikan (PP) beserta kelengkapannya. Jika ada kesalahan/tidak disetujui maka dikembalikan lagi kepada Kasubag Kepegawaian dan Umum, dan jika disetujui maka memberikan tanda tangan pada surat pengantar
  6. Memberikan nomor Surat Pengantar Peningkatan Pendidikan (PP) dan Surat Keterangan Pengingkatan Pendidikan (PP) beserta kelengkapannya, mencatat dalam buku agenda dan menindaklanjuti surat pengantar dan berkas tersebut ke BKD
Persyaratan Biaya Waktu Produk Mekanisme
Berkas Kelengkapan Mutasi Rp. 0,- 30 Menit Telaah Staf Mutasi Guru
  1. Berkas Masuk ke Loket
  2. Pencatatan di Agenda
  3. Dibuatkan Lembar Disposisi
  4. Disampaikan ke Pimpinan
  5. Disposisi Pimpinan kepada Bidang Terkait
  6. Diterima di Bidang dan Dicatat
  7. Dibuatkan lembar Disposisi
  8. Di Berikan kepada Penanggung jawab Kabupaten Sekolah Asal
  9. Proses Pembuatan Telaah Staf (Sesuai kelengkapan berkas)
  10. Selesai Di Proses Telaah Di kembalikan Ke Pimpinan untuk Proses ACC
  11. Di Serahkan kepada Sekretariat untuk ACC
  12. Diteruskan Kepada Pimpinan Untuk Proses TTD
  13. Setelah di-TTD Pimpinan diproses lanjut ke BKD untuk Penerbitan SK Mutasi
Persyaratan Biaya Waktu Produk Mekanisme
  1. Sudah terdata di Dapodik
  2. Minmal S-1/D-IV
  3. Ijasah SD – Sarjana
  4. KTP
Rp. 0,- 1 Hari Kerja SP2D
  1. Sekolah Memproses data Guru di Dapodik
  2. Mengajukan Pengusulan NUPTK
  3. Upload Berkas Pendukung (Ijasah SD-S1) dan KTP
  4. Proses Validasi Oleh Admin NUPTK
  5. Validasi Ke 2 Oleh Admin LPMP
  6. Validasi Trakhir Oleh Admin NUPTK Pusat
  7. NUPTK Terbit
Persyaratan Biaya Waktu Produk Mekanisme
SKTP dan SPM Rp. 0,- 1 Hari Kerja SP2D
  1. Operator Tunjangan melakukan Validasi data Guru Penerimma Tunjangan
  2. Mengajukan Penerbitan SKTP Berdsarkan data Valid
  3. Memproses SKTP Terbit
  4. Mengjukan Pencairan Ke Keuangan dengan Melampirkan SPM dan SKTP
  5. Keuangan Kengajukan SP2D
  6. Pengajuan Berkas SKTP dan SPM ke Bank Penyalur
  7. SP2D Terbit
  8. SP2D Disetor ke Bank Penyalur untuk Proses Penyaluran Tunjangan kepada Guru penerima Tunjangan
Persyaratan Biaya Waktu Produk Mekanisme
  1. Guru Minmal S-1/D-IV
  2. Pendidikan Minimal S1
  3. Pangkap Minimal III/c
  4. Masa Tugas Minimal 5 Tahun
  5. Bersertifikat Pendidik
  6. Nilai SK Baik Minimal 2 Tahun Terakhir
Rp. 0,- Per 1 Tahun, Tergantung Stok Guru yang ber NUPTK Calon Kepala Sekolah ber NUKS
  1. Pembukaan Seleksi Oleh Panitia Dinas
  2. Peserta Melakukan Pendaftaran
  3. Memasukan berkasn pendukung
  4. Seleksi berkas
  5. Pengumuan Hasil Seleksi Berkas
  6. Seleksi Aplikasi Pendataan Tendik
  7. Validasi Aplikasi SIM Tendik
  8. Hasil Seleksi Aplikasi Diinfokan
  9. Melakukan Pengajuan Seleksi Substansi Sesuai Data Yang lolos Berkas dan Validasi Sistem
  10. Mengupload Berkas Yang sudah di ttd untuk keperluan Pengusulan Seleksi Substansi
  11. LPPKS Melakukan validasi
  12. Dinas menerima Hasil seleksi dan Surat Persetujuan Seleksi Substansi
  13. Seleksi Substansi
  14. Pengumuman Hasil Seleksi Substansi
  15. Proses Diklat Selama 3 Bulan
  16. Tes Akhir Penentuan Mendapatkan NUKS
  17. Pengumuman Hasil Diklat
  18. Penerbitan Sertifikat NUKS Oleh LPPKSPS
Persyaratan Biaya Waktu Produk Mekanisme
  1. Terdata Di Dapodik Sekolah
  2. Bertugas Minimal 1 Tahun
  3. Pendidikan Minmal S-1/D-IV
  4. Sudah Mempunyai NUPTK
Rp. 0,- 10 Menit (tergantung Respon Aplikasi) Akun SIM PKB Guru
  1. Proses Validasi data Dapodik Oleh Ops Sekolah
  2. Melaporkan Ke Dinas Untuk proses Registasi Akun
  3. Menerbitkan Akun SIM PKB Guru
Persyaratan Biaya Waktu Produk Mekanisme
  1. Surat Permintaan Mutasi dari Orang Tua/ Wali
  2. Surat Kesediaan Menerima dari Sekolah Tujuan
  3. Surat Mutasi dari Sekolah Asal (Dapodik)
  4. Rapot (Asli / foto copy)
Rp. 0,- 30 Menit Surat Rekomendasi
  1. Permohonan Siswa Mutasi ke Loket Pelayanan
  2. Verifikasi Kelengkapan oleh Petugas (Bidang Terkait)
  3. Verifikasi database siswa oleh KK-Datadik
  4. Pembuatan Surat Rekomendasi
  5. Penyerahan Surat Rekomendasi kepada Pemohon
Persyaratan Biaya Waktu Produk Mekanisme
  1. Surat Permohonan dari Sekolah
  2. Identitas Pemohon
  3. Laptop khusus untuk mengolah data (Minimal Core i5)
Rp. 0,- 30 menit (tergantung permasalahan yang dihadapi) Dapodik Sekolah
  1. Permohonan Pelayanan DAPODIK ke Loket Pelayanan
  2. Verifikasi Kelengkapan oleh Petugas Pelayanan
  3. Pendampingan oleh KK-Datadik
  4. Selesai
Persyaratan Biaya Waktu Produk Mekanisme
  1. Surat Permohonan Pengajuan NPSN Baru
  2. Fotocopy SK Pendirian Sekolah (Hardcopy & Softcopy)
  3. Fotocopy SK Operasional Sekolah (Hardcopy & Softcopy)
  4. Profil Sekolah
  5. Foto Sekolah Tampak Depan dan Papan Nama Sekolah (Hardcopy & Softcopy)
  6. Letak Bujur dan Lintang Sekolah (GoogleMaps)
Rp. 0,- 30 menit (Tergantung Persetujuan Pusat) Sertifikat NPSN
  1. Permohonan Pelayanan NPSN ke Loket Pelayanan
  2. Verifikasi kelengkapan oleh Petugas Pelayanan
  3. Pengajuan NPSN Baru oleh KK-Datadik ke Kemdikbud
  4. Penerbitan NPSN Baru oleh Kemdibud dan Pencetakan Sertifikat NPSN oleh KK-Datadik
  5. Sertifikat diserhakan kepada Pemohon
Persyaratan Biaya Waktu Produk Mekanisme
  1. Laporan BOS harus tepat waktu
  2. Laporan Pertanggungjawaban harus sesuai Juknis
Rp. 0,- 60 menit BOS (Bantuan Operasioanal Sekolah)
  1. Permohonan Pelayanan BOS ke Loket Pelayanan
  2. Verifikasi kelengkapan oleh Petugas Pelayanan
  3. Bidang Teknis/ Manajemen BOS mencatat dan memeriksa laporan yang masuk dan melaporkan ke Pimpinan
  4. Setelah disetujui oleh Pimpinan, dokumen/ laporan asli dikembalikan ke pemohon (foto copy dokumen/ laporan dipegang oleh Bidang Teknis/ Tim Manajemen BOS)
Persyaratan Biaya Waktu Produk Mekanisme
  1. Kartu Keluarga
  2. Akta Kelahiran
  3. Ijazah atau Surat Keterangan Lulus
  4. Surat Domisili dari Kelurahan/Desa/Negeri
  5. Buku Rapor
  6. Foto 4 x 6 (latar belakang warna merah)
Rp. 0,- 7 Juni 2021 s.d 10 Juli 2021 PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) SMA Negeri/Swasta
  1. Calon Peserta Didik (CPD) melakukan registrasi menggunakan email aktif pada portal yang disediakan
  2. Calon Peserta Didik (CPD) Melakukan Aktivasi Akun yang telah dikirimkan ke email yang didaftarkan
  3. Calon Peserta Didik (CPD) Masuk ke Aplikasi PPDB Online dan melengkapi profil sesuai form yang tersedia
  4. Calon Peserta Didik (CPD) Mendaftar pada SMA yang diinginkan
  5. Pihak Sekolah Melakukan Seleksi dan Mengumkan Siswa Yang Lolos
  6. Calon Peserta Didik (CPD) Melakukan registrasi ulang pada sekolah
  7. Calon Peserta Didik (CPD) berganti status menjadi Peserta Didik (PD)
Persyaratan Biaya Waktu Produk Mekanisme
  1. Surat Permohonan Pengesahan
  2. Dokumen 1 Yang Telah ditandatangani Kepala Sekolah dan Disetujui Pengawas Sekolah
Rp. 0,- 30 Hari Dokumen KTSP
  1. Pemohon datang membawa persyaratan dan melapor / mendaftar ke bagian pelayanan di loby Dinas Pendidikan
  2. Petugas layanan memeriksa persyaratan, jika sudah sesuai / lengkap maka akan diteruskan ke Bidang Teknis. Jika belum, akan dikembalikan ke pemohon untuk dilengkapi
  3. Bidang Teknis Melakukan verifikasi Tahap 1. Jika tidak lengkap/ tidak sesuai, akan dikembalikan. Jika lengkap/ sesuai, akan dilanjutkan ke Tim Verifikator untuk memeriksa dan verifikasi dokumen
  4. Setelah dilakukan Verifikasi Tahap 1 oleh bidang teknis, dilanjutkan Verifikasi Tahap 2 oleh Tim Verifikator yang terdiri dari Pengawas Sekolah
  5. Setelah dilakukan Verifikasi Tahap 2 oleh Tim Verifikasi, dokumen dikembalikan ke Bidang Teknis untuk dibuat Surat Pengantar Persetujuan yang ditandantangani oleh Kepala Dinas
  6. Setelah ditandatangani oleh Kepala Dinas, Dokumen diserahkan ke Bidang Teknis untuk dicatat dan kemudian di serahkan ke Bagian Pelayanan Dinas Dikbud Promal
  7. Bagian Pelayanan menyerahkan kembali Dokumen kepada Pemohon untuk digunakan sebagaimana mestinya
Persyaratan Biaya Waktu Produk Mekanisme
  1. STTB/ IJAZAH/ DANEM/ SKHUN/ SKYBS Asli
  2. Fotocopy STTB/ IJAZAH/ DANEM/ SKHUN/ SKYBS sebanyak 10 lembar
Rp. 0,- Hari Kerja STTB/ IJAZAH/ DANEM/ SKHUN/ SKYBS yang sudah dilegalisir
  1. Permohonan Pelayanan ke Loket Pelayanan
  2. Verifikasi kelengkapan oleh Petugas Pelayanan
  3. Petugas pelayanan menyerahkan semua dokumen ke Bagian Teknis untuk dibubuhi Stempel Mengetahui dan Mengesahkan
  4. Dokumen dikembalikan kepada pemohon setelah disetujui dan ditanda tangani oleh Pimpinan
Persyaratan Biaya Waktu Produk Mekanisme
  1. Surat Keterangan Kepsek
  2. Ijazah Asli (Kesalahan Penulisan) terlampir
Rp. 0,- 1 Hari Kerja Surat Keterangan Kesalahan Penulisan Ijazah
  1. Permohonan Pelayanan ke Loket Pelayanan
  2. Verifikasi kelengkapan oleh Petugas Pelayanan
  3. Petugas pelayanan menyerahkan semua dokumen ke Bagian Teknis untuk dibubuhi Stempel Mengetahui dan Mengesahkan
  4. Dokumen dikembalikan kepada pemohon setelah disetujui dan ditanda tangani oleh Pimpinan
Persyaratan Biaya Waktu Produk Mekanisme
  1. Surat Permohonan
  2. Surat Keterangan Kepala Sekolah
  3. Ijazah / STTB Asli (Yang Rusak)
Rp. 0,- 1 Hari Kerja Blanko Ijazah / STTB Pengganti
  1. Permohonan pelayanan ke loket layanan
  2. Verifikasi kelengkapan oleh petugas
  3. Melaporkan ke Pimpinan (Kabid SMA); setelah disetujui, petugas menggantikan dengan blanko ijazah yang baru dan mencatat nomor seri ijazah / STTB yang rusak maupun yang baru
  4. Penyerahan blangko ijazah / STTB ke pemohon
Persyaratan Biaya Waktu Produk Mekanisme
  1. Surat Permohonan Kepada Gubernur Cq. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku
  2. Izin Lingkungan (Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota)
  3. Izin Lokasi
  4. Akta Hibah / Sertifikat Tanah
  5. Rekomendasi Cabang Dinas Pendidikan Kab/Kota
  6. Persetujuan Dukungan Masyarakat sekitar
  7. RIPS
Rp. 0,- 30 Hari Kerja Izin Operasional SMA Negeri
  1. Pemohon mengisi formulir Permohonan dan melengkapi persyaratan
  2. Petugas memeriksa kelengkapan berkas
  3. Membuat Surat Undangan untuk Tim Teknis guna pembahasan Ijin Pendirian SMA
  4. Pemeriksaan Lapangan oleh Tim Teknis
  5. Rekomendasi Tim Teknis
  6. Berkas Pemohon akan dikirimkan ke Bidang Pembinaan SMA
  7. Proses Pengolahan/ Pembuatan serta persetujuan rekomendasi
  8. Proses pemeriksaan dan pemarafan oleh Kabid SMA dan Kadis Dikbud sebagai pengantar persetujuan Penandatanganan Izin oleh Gubernur
  9. Registrasi Surat Izin Pendirian SMA dan Pengarsipan
  10. Pemberitahuan Surat IPPKBS telah selsai kepada pemohon; petugas menerima resi tanda terima berkas dan memberikan surat IPPKBS kepada pemohon
Persyaratan Biaya Waktu Produk Mekanisme
  1. Surat Permohonan Kepada Gubernur Cq. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku
  2. Izin Lingkungan (Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota)
  3. Izin Lokasi
  4. Akta Hibah / Sertifikat Tanah
  5. Rekomendasi Cabang Dinas Pendidikan Kab/Kota
  6. Persetujuan Dukungan Masyarakat sekitar
  7. RIPS
Rp. 0,- 30 Hari Kerja Rekomendasi Izin Pendirian SMA Negeri
  1. Pemohon mengisi formulir Permohonan dan melengkapi persyaratan
  2. Petugas memeriksa kelengkapan berkas
  3. Membuat Surat Undangan untuk Tim Teknis guna pembahasan Ijin Pendirian SMA
  4. Pemeriksaan Lapangan oleh Tim Teknis
  5. Rekomendasi Tim Teknis
  6. Berkas Pemohon akan dikirimkan ke Bidang Pembinaan SMA
  7. Proses Pengolahan/ Pembuatan serta persetujuan rekomendasi
  8. Proses pemeriksaan dan pemarafan oleh Kabid SMA dan Kadis Dikbud sebagai pengantar persetujuan Penandatanganan Izin oleh Gubernur
  9. Registrasi Surat Izin Pendirian SMA dan Pengarsipan
  10. Pemberitahuan Surat IPPKBS telah selsai kepada pemohon; petugas menerima resi tanda terima berkas dan memberikan surat IPPKBS kepada pemohon
Persyaratan Biaya Waktu Produk Mekanisme
  1. Nomor Induk Berusaha (NIB)
  2. Izin Lingkungan (Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota)
  3. Izin Lokasi
  4. Izin Membangun
  5. Surat Kuasa dan KTP Kuasa
  6. Rekomendasi Kepala Bidang Pembinaan SMA, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku
  7. Persetujuan/Dukungan Masyarakat Sekitar
  8. BPJS Kesehatan
  9. BPJS Ketenagakerjaan
Rp. 0,- 30 Hari Kerja Rekomendasi Izin Pendirian SMA Swasta
  1. Pemohon mengisi formulir Permohonan dan melengkapi persyaratan
  2. Petugas memeriksa kelengkapan berkas
  3. Membuat Surat Undangan untuk Tim Teknis guna pembahasan Ijin Pendirian SMA
  4. Pemeriksaan Lapangan oleh Tim Teknis
  5. Rekomendasi Tim Teknis
  6. Berkas Pemohon akan dikirimkan ke Bidang Pembinaan SMA
  7. Proses Pengolahan/ Pembuatan serta persetujuan rekomendasi
  8. Proses pemeriksaan dan pemarafan oleh Kabid SMA dan Kadis Dikbud sebagai pengantar persetujuan Penandatanganan Izin oleh Gubernur
  9. Registrasi Surat Izin Pendirian SMA dan Pengarsipan
  10. Pemberitahuan Surat IPPKBS telah selsai kepada pemohon; petugas menerima resi tanda terima berkas dan memberikan surat IPPKBS kepada pemohon
Persyaratan Biaya Waktu Produk Mekanisme
  1. Surat Keterangan Pindah Sekolah dari sekolah asal.
  2. Surat Rekomendasi dari Dinas Kabupaten/Provinsi Asal Sekolah
  3. Surat keterangan formasi kelas dari sekolah yang dituju
  4. Surat Keterangan / Rekomendasi Kesediaan Menerima dari Sekolah Yang Dituju
  5. Fotokopi data dari nilai raport terakhir
Rp. 0,- 15 Menit Rekomendasi Pindah
  1. Surat dan Dokumen masuk ke loket
  2. Pencatatan di Agenda
  3. Dibuatkan lembar desposisi
  4. Disampaikan ke Pimpinan
  5. Desposisi Pimpinan ke Koordinator Peserta didik untuk difervikasi
  6. Penandatanganan Surat Persetujuan Rekomendasi oleh Kadis
  7. Selesai
Persyaratan Biaya Waktu Produk Mekanisme
  1. Surat Pemohon Penggagas
  2. Dokumen Hasil Studi Kelayakan Pendirian Satuan Pendidikan
  3. Isi Pendidikan
  4. Dokumen Manajemen dan Proses Pendidikan
  5. Dokumen Sarana Prasarana Pendidikan
Rp. 0,- 30 Hari Rekomendasi
  1. Surat dan Dokumen masuk ke loket
  2. Pencatatan di Agenda
  3. Dibuatkan lembar desposisi
  4. Disampaikan ke Pimpinan
  5. Desposisi Pimpinan ke Tim Teknis dalam rapat Verfikasi Dokumen
  6. Bidang Teknis membuat telah dan Rekomedasi tindaklanjut ke Kabid PSMK untuk di Paraf
  7. Penandatanganan Surat Persetujuan Rekomendasi oleh Kadis
  8. Arsip
  9. Selesai
Persyaratan Biaya Waktu Produk Mekanisme
  1. Surat Pemohon Penggagas
  2. Dokumen Hasil Studi Kelayakan Pendirian Satuan Pendidikan
  3. DokumenIsi Pendidikan
  4. Kualifikasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  5. Dokumen Sarana Prasarana Pendidikan
  6. Dokumen Manajemen dan Proses Pendidikan
  7. Dokumen Sarana Prasarana Pendidikan
  8. Dokumen Pembiayaan Pendidikan
Rp. 0,- 30 Hari Rekomendasi
  1. Surat dan Dokumen masuk ke loket
  2. Pencatatan di Agenda
  3. Dibuatkan lembar desposisi
  4. Disampaikan ke Pimpinan
  5. Desposisi Pimpinan ke Tim Teknis dalam rapat Verfikasi Dokumen
  6. Bidang Teknis membuat telah dan Rekomedasi tindaklanjut ke Kabid PSMK untuk di Paraf
  7. Penandatanganan Surat Persetujuan Rekomendasi oleh Kadis
  8. Arsip
  9. Selesai
Persyaratan Biaya Waktu Produk Mekanisme
  1. Surat Pemohon Penggagas
  2. Dokumen Hasil Studi Kelayakan Pendirian Satuan Pendidikan
  3. DokumenIsi Pendidikan
  4. Kualifikasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  5. Dokumen Sarana Prasarana Pendidikan
  6. Dokumen Manajemen dan Proses Pendidikan
  7. Dokumen Sarana Prasarana Pendidikan
  8. Dokumen Pembiayaan Pendidikan
Rp. 0,- 30 Hari Rekomendasi
  1. Surat dan Dokumen masuk ke loket
  2. Pencatatan di Agenda
  3. Dibuatkan lembar desposisi
  4. Disampaikan ke Pimpinan
  5. Desposisi Pimpinan ke Tim Teknis dalam rapat Verfikasi Dokumen
  6. Bidang Teknis membuat telah dan Rekomedasi tindaklanjut ke Kabid PSMK untuk di Paraf
  7. Penandatanganan Surat Persetujuan Rekomendasi oleh Kadis
  8. Arsip
  9. Selesai
Persyaratan Biaya Waktu Produk Mekanisme
  1. Surat Pemohon Penggagas
  2. Dokumen Hasil Studi Kelayakan Pendirian Satuan Pendidikan
  3. DokumenIsi Pendidikan
  4. Kualifikasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  5. Dokumen Sarana Prasarana Pendidikan
  6. Dokumen Manajemen dan Proses Pendidikan
  7. Dokumen Sarana Prasarana Pendidikan
  8. Dokumen Pembiayaan Pendidikan
Rp. 0,- 30 Hari Rekomendasi
  1. Surat dan Dokumen masuk ke loket
  2. Pencatatan di Agenda
  3. Dibuatkan lembar desposisi
  4. Disampaikan ke Pimpinan
  5. Desposisi Pimpinan ke Tim Teknis dalam rapat Verfikasi Dokumen
  6. Bidang Teknis membuat telah dan Rekomedasi tindaklanjut ke Kabid PSMK untuk di Paraf
  7. Penandatanganan Surat Persetujuan Rekomendasi oleh Kadis
  8. Arsip
  9. Selesai
Persyaratan Biaya Waktu Produk Mekanisme
A. Pelayanan Informasi/Data perihal Dana BOS oleh Masyarakat dan/atau Instansi terkait:
  1. Surat Permintaan Data/Informasi
  2. Tatap muka Permintaan Data/Informasi
B. Pelayanan Konsultasi dan/atau Pelaporan LPJ BOS oleh Satuan Pendidikan/Sekolah:
  1. Dokumen LPJ BOS
C. Pelayanan Pengaduaan BOS oleh Masyarakat dan/atau Instansi terkait:
  1. Surat Pengaduan
  2. Tatap muka oleh Masyarakat / Instasi Terkait
Rp. 0,- A. 15 Menit


B. 1 Jam


C. 30 Menit
Informasi & Data


Informasi & Akuntabel LPJ BOS


Informasi & Data
  1. Surat dan Dokumen masuk ke loket
  2. Pencatatan di Agenda
  3. Dibuatkan lembar desposisi
  4. Disampaikan ke Pimpinan
  5. Desposisi Pimpinan ke Tim Manajemen BOS SMK
  6. Tim Mananjemen menyiapakan telah/data/Tanggapan dan Rekomedasi tindaklanjut ke Kabid SMK
  7. Paraf Dokumen LPJ sesuai Kualifikasi Pelayanan oleh Tim Manajemen
  8. Arsip
  9. Selesai
Persyaratan Biaya Waktu Produk Mekanisme
  1. Surat Pengantar Dokumen
  2. Dokumen Kurikulum
  3. Rekomendasi Cabang Dinas
  4. Dokumen Rekomendasi Kompetensi Kealihan
Rp. 0,- 1 Jam Pengesahan Dokumen
  1. Surat dan Dokumen masuk ke loket
  2. Pencatatan di Agenda
  3. Dibuatkan lembar desposisi
  4. Disampaikan ke Pimpinan
  5. Desposisi Pimpinan ke Koordinator Kurikulum untuk difervikasi
  6. Bidang Teknis membuat telah dan Rekomedasi tindaklanjut ke Kabid PSMK dan Sekretaris Dinas untuk di Paraf
  7. Penandatanganan Surat Persetujuan Pengesahaan oleh Kadis
  8. Selesai
Persyaratan Biaya Waktu Produk Mekanisme
  1. Ijazah/STTB/SHUN Asli
  2. Fotocopy Ijazah/STTB/SHUN
Rp. 0,- 5 Jam Pengesahan Dokumen
  1. Pemohon menyampaikan berkas persyaratan ke Dinas Pendidikan Provinsi Maluku
  2. Petugas menverifikasi kelengkapan administrasi. Jika lengkap akan diproses selanjutnya
  3. Bidang SMK memproses legalisir ijazah untuk ditandatangani oleh pejabat di Dinas Pendidikan Provinsi Maluku
  4. Petugas memberikan legalisir ijazah kepada pemohon
Persyaratan Biaya Waktu Produk Mekanisme
  1. Surat Laporan Kehilangan dari Kepolisian
  2. Surat Kehilangan dari Sekolah bersangkutan
  3. Surat Pertanggung Jawaban Mutlak yang ditanda tangani Kepala Sekolah diatas materai 10000
  4. Surat Pertanggung Jawaban Mutlak yang ditanda tangani pemilik IJASAH/STTB/SHUN di atas materai 10000 dan diketahui oleh Kepala Sekolah
  5. Surat Keterangan Pengganti Ijazah asli dan photo copy yang sudah ditanda tangani Kepala Sekolah diatas materai 10000, dan diketahui oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku
Rp. 0,- 3 Hari Ijasah Pengganti
  1. Pemohon menyampaikan berkas persyaratan ke Dinas Pendidikan Provinsi dan Kebudayaan Provinsi Maluku
  2. Petugas memeriksa kelengkapan administrasi. Jika lengkap akan diproses selanjutnya;
  3. Bidang SMK melakukan verifikasi dokumen persyaratan dan melakukan proses surat keterangan penggantian IJASAH/STTB/SHUN untuk ditanda tangani oleh kepala Dinas Pendidikan Provinsi Maluku;
  4. Surat keterangan penggantian IJASAH/STTB/SHUN yang telah ditandatangani oleh pejabat Dinas akan dinomori dan diarsipkan di Bidang SMK.
  5. Petugas memberikan surat keterangan penggantian IJASAH/STTB/SHUN kepada pemohon.
Persyaratan Biaya Waktu Produk Mekanisme
  1. Surat Pemohon Penggagas
  2. Dokumen Hasil Studi Kelayakan Pendirian Satuan Pendidikan
  3. Isi Pendidikan
  4. Dokumen Manajemen dan Proses Pendidikan
  5. Dokumen Sarana Prasarana Pendidikan
Rp. 0,- 30 Hari Rekomendasi
  1. Surat dan Dokumen masuk ke loket
  2. Pencatatan di Agenda
  3. Dibuatkan lembar desposisi
  4. Disampaikan ke Pimpinan
  5. Desposisi Pimpinan ke Tim Teknis dalam rapat Verfikasi Dokumen
  6. Bidang Teknis membuat telah dan Rekomedasi tindaklanjut ke Kabid PSMK untuk di Paraf
  7. Penandatanganan Surat Persetujuan Rekomendasi oleh Kadis
  8. Arsip
  9. Selesai
Persyaratan Biaya Waktu Produk Mekanisme
  1. Surat Keterangan Pindah Sekolah dari sekolah asal.
  2. Surat Rekomendasi dari Dinas Kabupaten/Provinsi Asal Sekolah
  3. Surat keterangan formasi kelas dari sekolah yang dituju
  4. Surat Keterangan / Rekomendasi Kesediaan Menerima dari Sekolah Yang Dituju
  5. Fotokopi data dari nilai raport terakhir
Rp. 0,- 15 Menit Rekomendasi Pindah
  1. Surat dan Dokumen masuk ke loket
  2. Pencatatan di Agenda
  3. Dibuatkan lembar desposisi
  4. Disampaikan ke Pimpinan
  5. Desposisi Pimpinan ke Koordinator Peserta didik untuk difervikasi
  6. Penandatanganan Surat Persetujuan Rekomendasi oleh Kadis
  7. Selesai
Persyaratan Biaya Waktu Produk Mekanisme
A. Pelayanan Informasi/Data perihal Dana BOS oleh Masyarakat dan/atau Instansi terkait:
  1. Surat Permintaan Data/Informasi
  2. Tatap muka Permintaan Data/Informasi
B. Pelayanan Konsultasi dan/atau Pelaporan LPJ BOS oleh Satuan Pendidikan/Sekolah:
  1. Dokumen LPJ BOS
C. Pelayanan Pengaduaan BOS oleh Masyarakat dan/atau Instansi terkait:
  1. Surat Pengaduan
  2. Tatap muka oleh Masyarakat / Instasi Terkait
Rp. 0,- A. 15 Menit


B. 1 Jam


C. 30 Menit
Informasi & Data


Informasi & Akuntabel LPJ BOS


Informasi & Data
  1. Surat dan Dokumen masuk ke loket
  2. Pencatatan di Agenda
  3. Dibuatkan lembar desposisi
  4. Disampaikan ke Pimpinan
  5. Desposisi Pimpinan ke Tim Manajemen BOS SMK
  6. Tim Mananjemen menyiapakan telah/data/Tanggapan dan Rekomedasi tindaklanjut ke Kabid SMK
  7. Paraf Dokumen LPJ sesuai Kualifikasi Pelayanan oleh Tim Manajemen
  8. Arsip
  9. Selesai
Persyaratan Biaya Waktu Produk Mekanisme
  1. Ijazah/STTB/SHUN Asli
  2. Fotocopy Ijazah/STTB/SHUN
Rp. 0,- 5 Jam Pengesahan Dokumen
  1. Pemohon menyampaikan berkas persyaratan ke Dinas Pendidikan Provinsi Maluku
  2. Petugas menverifikasi kelengkapan administrasi. Jika lengkap akan diproses selanjutnya
  3. Bidang SMK memproses legalisir ijazah untuk ditandatangani oleh pejabat di Dinas Pendidikan Provinsi Maluku
  4. Petugas memberikan legalisir ijazah kepada pemohon