KEPALA DINAS DIKBUD PIMPIN RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN GBBI "AROMA MALUKU"

Admin Web 2021-10-05 07:26:29 Berita Dinas 1182x dibaca
KEPALA DINAS DIKBUD PIMPIN RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN GBBI "AROMA MALUKU"

Sebagai tindaklanjut kegiatan Peluncuran Awal Gerakan Bangga Buatan Indonesia “Aroma Maluku” yang telah digelar pada tanggal 24 September 2021 yang lalu, pada hari Senin 4 Oktober 2021 bertempat di ruang rapat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku dilaksanakan Rapat koordinasi Persiapan acara Gerakan Bangga Buatan Indonedia (GBBI) yang akan diselenggarakan di Maluku pada November 2021. Dalam Rapat yang di pimpin langsung oleh ibu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku dengan di hadiri Kepala Perwakilan Bank Indonesia  di Maluku, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku beserta jajarannya, perwakilan Dinas Koperasi dan UMKM Prov Maluku, Perwakilan Dinas Perindag Provinsi Maluku, serta Sekretaris Dinas Dikbud Maluku, Kepala Bidang Pembinaan SMK, dan staf Dinas DIKBUD Maluku.  Rapat di gelar dengan agenda pembahasan yaitu penyampaian progres kesiapan Maluku dalam pelaksanaan GBBI, yaitu dari Dinas DIKBUD Prov Maluku tentang produk SMK yang akan di kurasi menjadi produk unggulan, serta kesiapan UMKM unggulan yang akan di tampilkan dalam puncak acara Gerakan Bangga Buatan Indonesia.

Selain itu, Kepala Perwakilan Maluku Bank Indonesia menyampaikan tentang pentingnya puncak acara bukan hanya produk unggulan yang di tonjolkan tetapi juga ciri khas orang Maluku yang suka bernyanyi bisa di tampilkan. lebih lanjut, di tambahkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku yang telah melaksanakan Festival Hatta Syahrir dan Kapitan Yongker kemudian juga menuju puncak GBBI akan di lakukan tour the molucas, Pacific Expotion yang didalam terdapat produk umkm yang menjadi ekonomi kreatif Maluku.

Diharapkan dengan Rapat ini akan semakin memperkuat peran dan fungsi Pemerintah Daerah di Maluku yang di dukung oleh Bank Indonesia untuk menjadikan acara GBBI sebagai tonggak awal kurasi produk terutama produk yang didigital marketing untuk di kenal secara nasional dan international. pada kesempatan yang sama Ibu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku juga menegaskan karena GBBI kali ini yang menjadi PC Nasional adalah Kemendikbudristekdikti maka produk produk SMK akan juga di kurasi dan menjadi in bording produk sehingga bisa meningkatkan promosi Pendidikan Vokasi yang di selaraskan dengan Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA).

Pada akhir rapat di sepakati untuk menyiapkan Data UMKM baik data UMKM secara keseluruhan di Maluku dan UMKM yang akan di tampilkan pada puncak acara GBBI. selain itu akan segera di siapkan Surat Keputusan untuk Panitia Daerah yang akan bersama sama dengan kemendikbudristekdikti menyiapkan acara puncak Festival gerakan Bangga Buatan Indonesia.

Berita Terkait