Anak Berkebutuhan Khusus Berkarya dalam Lomba Keterampilan Nasional SLB Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2022

Admin Web 2022-10-10 20:02:19 Berita Dinas 2838x dibaca
Anak Berkebutuhan Khusus Berkarya dalam Lomba Keterampilan Nasional SLB Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2022

Puluhan karya hasil Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) terpajang di aula Lt 6 Hotel golden palace, karya tersebut dipajang dalam ajang lomba ketrampilan siswa Nasional (LKSN) Anak berkebutuhan Khusus (ABK) SLB Tingkat Provinsi Maluku tahun 2022.

Terlihat puluhan karya terpajang di atas meja dari mulai bidang lomba membatik, tata boga, kecantikan dan merangkai bunga, dan sebagainya.

Karya yang ditampilkan sangat kreatif dan dibuat oleh 30 peserta dari 15 Sekolah Luar Biasa di Kabupaten/Kota se-Maluku dan Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 19 – 21 September 2022 yang bertempat di Hotel Golden Palace Jl. Cendrawasih No.32, Ambon.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Dr.Ir.Insun Sangadji, M.Si mengatakan ajang ini bertujuan untuk menggali potensi peserta didik berkebutuhan khusus bidang non akademik.

“Khususnya bidang keterampilan untuk mencapai kemandirian dan rasa percaya diri para peserta didik akan semakin bertumbuh dengan mengikuti LKSN sehingga anak-anak kita mampu berkreasi melalui ketrampilan yang dimilikinya serta dapat meningkatkan sebuah karya nyata yang dapat membuat banyak orang tergiur dengan hasil karya mereka”, ujarnya.

Lanjut dikatakannya, “kegiatan ini sangat penting bagi kita sebagai momentum untuk menginventarisir berbagai bentuk kreativitas dan keterampilan siswa pada sekolah luar biasa untuk bersama-sama kita wujudkan peningkatan kualitas pelayanan pendidikan khusus dan layanan khusus di Provinsi Maluku yang kita cintai bersama sehingga guru diharapkan mampu membimbing, mengarahkan dan memberikan dorongan serta perhatian khusus kepada peserta didik berkebutuhan khusus demi peningkatan kreasi di bidang ketrampilan,” jelasnya.

“Kita yakin bisa mendorong semangat anak-anak berkebutuhan khusus paling tidak optimis ada medan kreasi, tinggalah nanti kita menjamin dan mengembangkan dari karir belajar menjadi karir profesional dan Kita selalu mendoakan kalian yang telah berjuang, bersemangat, terus belajar membangun kompetensi, mengembangkan diri dan menjadi pembelajar mandiri sepanjang masa, Kalian akan bergerak secara positif dan aktif generasi emas Indonesia.

Perjuangan para siswa tersebut sebagai bukti bahwa pandemi Covid-19 tak menghalangi mereka untuk berprestasi dan melalui hasil karya ini sebagai bentuk tanggung jawab yang akan dibuktikan dalam kehidupan selanjutnya, baik di dunia kerja maupun di perguruan tinggi.

Dalam penutupan Lomba Keterampilan Siswa Nasional Anak berkebutuhan Khusus (ABK) SLB Tingkat Provinsi Maluku tahun 2022, Kepala Bidang PMPK Farid Hatala, mengatakan ajang ini adalah sebuah kesempatan untuk menunjukkan jati diri para siswa kepada masyarakat luas dimana
LKSN ini adalah puncak dari semua kemampuan yang ada dan bagi anak-anak.

“Ini adalah kesempatan untuk menunjukkan dirinya, menunjukkan kemampuannya, kompetensinya, bakatnya, karakternya yang hebat-hebat. Ia juga meminta kepada orang tua dan tenaga pendidik untuk menyiapkan anak-anak muda sebagai generasi penerus negeri ini dan membawa ke kehidupan yang lebih baik,” tutup Kepala Bidang PMPK Farid Hatala, S.STP.

Turut hadir Pejabat Eselon III di lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Dewan Juri, Guru Pendamping, tamu undangan lainnya. (**)

Sumber: https://www.medianasional.id/anak-berkebutuhan-khusus-berkarya-dalam-lomba-keterampilan-nasional-slb-tingkat-provinsi-maluku-tahun-2022/

Berita Terkait