HUT RI KE-79, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Maluku.

Operator Web 2024-09-02 09:25:13 Berita Dinas 79x dibaca
HUT RI KE-79, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Maluku.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Maluku dibawah kepemimpinan Dr Ir Insun Sangadji M.Si. Hari ini Sabtu (17/08/24) melaksanakan upacara bendera peringati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Negara Kesatuan Indonesia yang ke-79. Upacara tepat berlangsung tepat  pukul 07.30 WIT dengan  Inspektur Upacara Kadis Dr Ir Insun Sangadji M.Si.Mengawali sambutan beliau  mengajak semua peserta upacara  untuk panjatkan  syukur kepada  Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. 

Ibu kadis berkenan membacakan sambutan Pj Gubernur Maluku, Sadali Ie, disebut Upacara bendera di saat ini tentunya menjadi momentum strategi bagi seluruh ASN serta masyarakat. Kita  wajib mengenang kembali sejarah perjuangan dan pergerakan kemerdekaan negara dan bangsa Indonesia.  Dari cengkraman tangan penjajah, karena  perjuangan tersebut telah berhasil membebaskan bangsa Indonesia dari segala bentuk penindasan dan penguasaan bangsa asing. Para pendiri negara bangsa Indonesia dengan semangat pantang menyerah dalam memperjuangkan kemerdekaan menentang penjajah di muka bumi, olehnya apa yang telah diperjuangkan para pendiri negara  tidak boleh disia-siakan kita harus pertahankan serta wujudkan. 

Mencermati situasi dan kondisi lemahnya kesadaran berbangsa dan bernegara tersebut, kita harus mengembangkan dan mentransformasi nilai-nilai perjuangan untuk menjaga keutuhan dan eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Melalui pola pikir pola sikap dan pola tindak yang mengacu pada semangat dan nilai-nilai para pejuang dan pahlawan pergerakan kemerdekaan Indonesia. Dengan tetap menghormati dan menghargai kebhinekaan, Saya berharap kepada seluruh aparatur sipil negara lingkup pemerintah Provinsi Maluku. 

Dengan membentuk jati diri bangsa sebagai modal dalam menata kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Sebutnya  tema peringatan hut ke-79 kemerdekaan RI tahun 2024 adalah “Nusantara baru Indonesia maju”. Makna dari tema ini menunjukkan tiga  momentum penting yang akan dialami Indonesia yang kini menyusun ibukota baru, pergantian kepemimpinan serta persiapan menuju Indonesia emas 2045. Hingga  diharapkan kepada para-aparatur sipil negara di lingkungan pemerintah provinsi Maluku dan pimpinan instansi vertikal di daerah ini. Agar dapat bekerja sama untuk mewujudkan peningkatan kualitas pelayanan publik melalui perwujudan sosok aparatur sipil negara yang profesional. Bebas dari intervensi politik, bersih dari politik korupsi kolusi dan nepotisme serta mampu menjalankan peran sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Berdasarkan Pancasila dan undang-undang dasar 1945, pada hari yang berbahagia ini saya ingin menyampaikan kepada seluruh ASN lingkup pemerintah provinsi Maluku dan ASN dan lingkungan instansi vertikal.

Disiplin kesetiaan pengabdian dan loyalisasi sehingga dapat dijadikan sebagai teladan bagi aparatur negara lainnya. Saya berharap agar tanda penghargaan yang diterima dapat  menjadi kebanggaan dan memiliki, sebagai motivasi dalam meningkatkan semangat kerja. Inilah beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia. Mengakhiri  sambutan dihari Kemerdekaan Pj Gubernur dan juga Ibu Kadis Menyatakan semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa menyertai dan merahmati kita semua.  Dalam tugas dan pengabdian  kepada masyarakat bangsa dan negara dan kedepan Maluku semakin diridohi Allah.

Berita Terkait