KADIS DIKBUD MEMBUKA DAN MENJADI NARASUMBER PADA KEGIATAN WORKSHOP PENELUSURAN TAMATAN DI SMKN 1 SBT

Admin Web 2022-10-13 07:10:02 Berita Dinas 2867x dibaca
KADIS DIKBUD MEMBUKA DAN MENJADI NARASUMBER PADA KEGIATAN WORKSHOP PENELUSURAN TAMATAN DI SMKN 1 SBT

Rabu 12 Oktober 2022 Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Dr. Ir. Insun Sangadji, M.Si membuka kegiatan Workshop Penelusuran Tamatan di SMK Negeri 1 Seram Bagian Timur Program SMK Pusat Keunggulan (PK) Tahun 2022.

SMK Negeri 1 Seram Bagian Timur merupakan salah satu dari 17 SMK di Provinsi Maluku yang telah ditetapkan sebagai SMK Pusat Keunggulan (PK) Tahun 2022 oleh Direktorat SMK Kemdikbud Ristek RI. Program SMK Pusat Keunggulan merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja, yang akhirnya menjadi SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai sekolah penggerak dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Dikbud menyampaikan selamat kepada  SMK N 1 Seram Bagian Timur  yang terpilih untuk melaksnakan Program SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) pada tahun ini. Ini bisa tercapai karena kerjasamana antara kepala sekolah, guru,  pengawai sertra semua pihak yang terlibat di dalamnya. Saya mengajak kita semua tetap kompak untuk mensukseskan  program SMK PK pada SMK N 1 Seram Bagian Timur mulai dari  perencanaan,  pelaksanaan dan pelaporan dengan  semangat ITA WOLI NUSA (Kita Membangun Daerah).

Program SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) adalah program kolaborasi antara  Kemendikbudristek dan Pemerintah Daerah, dalam meningkatkan kualitas dan relevansi  SMK dengan kebutuhan IDUKA. Sedangkan SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) adalah upaya pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu agar mengalami peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan IDUKA, serta menjadi SMK rujukan dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya. Yang bertujuan menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja.

Melanjutkan Kadis Dikbud menegaskan bahwa Visi dan Misi Pemerintah Provinsi Maluku, dan Misi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku,  sejalan dengan  Cita-cita kebijakan Merdeka Belajar, yaitu untuk mewujudkan pendidikan berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia yakni dengan Memastikan peserta didik mengalami kemajuan belajar sehingga lebih kompeten dan berkarakter serta memastikan bahwa kelompok-kelompok yang termarginalkan (sulit mendapat akses pendidikan) dibantu untuk mendapatkan akses pendidikan yg berkualitas.

Pada kesempatan itu pula Kepala Dinas Dikbud menjadi narasumber dan memberikan materi Sosialisasi Penelusuran Alumni ( Tracer Study), turut hadir pada kegiatan diantaranya Kepala Cabang Dinas Seram Bagian Timur, Koordinator Pengawas Dinas Dikbud, beberapa Kepala SMK di Kabupaten SBT serta seluruh dewan guru dan pegawai tata usaha, SMK N 1 Sram Bagian Timur.

Berita Terkait