KEPALA SMA NEGERI 5 TUAL DAN KEPALA SLB NEGERI BATU MERAH AMBON LOLOS MENJADI FINALIS APRESIASI GURU DAN KEPALA SEKOLAH DIKMEN DAN DIKSUS INSPIRATIF TINGKAT NASIONAL TAHUN 2021

Admin Web 2021-11-23 21:50:44 Berita Dinas 1183x dibaca
KEPALA SMA NEGERI 5 TUAL DAN KEPALA SLB NEGERI BATU MERAH AMBON LOLOS MENJADI FINALIS APRESIASI GURU DAN KEPALA SEKOLAH DIKMEN DAN DIKSUS INSPIRATIF TINGKAT NASIONAL TAHUN 2021

Sebagai ujung tombak, guru dan kepala sekolah perlu terus berkembang dan menguasai pengetahuan dan teknologi terkini terlebih lagi dalam masa pandemi Covid-19. Berbagai macam strategi pembelajaran yang menginspirasi sangat dibutuhkan dalam melaksanakan proses pembelajaran pada masa pandemi ini. Kebijakan merdeka belajar dan pembelajaran tatap muka terbatas sebagai upaya untuk mengatasi terjadinya learning loss yang sudah ditetapkan pemerintah. Praktik terbaik bagi guru dan kepala sekolah yang inspiratif perlu untuk digali agar dapat menjadi percontohan bagi yang lain. Sebagai salah satu bentuk apresiasi dari pemerintah atas prestasi, kinerja yang dihasilkan untuk itu Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus memberikan apresiasi kepada guru dan kepala sekolah inspiratif. Apresiasi ini diharapkan dapat lebih memotivasi dan meningkatkan profesionalisme guru dan kepala sekolah, yang pada akhirnya akan meningkatkan mutu pendidikan nasional.

Dua orang Kepala Sekolah dari Provinsi Maluku yaitu Semuel Kuriake Balubun, S.Pd (Kepala SMA Negeri 5 Tual) dan Padil Sarip Mako, M.Pd (Kepala SLB Negeri Batu Merah Ambon) berhasil menjadi finalis Tingkat Nasional Berdasarkan surat Keputusan Direktur Guru Pendidikan Menengah Dan Pendidikan Khusus Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor : 3511/B6/Gt.02.10/2021 tentang Nama-Nama Finalis Apresiasi Guru Dan Kepala Sekolah Pendidikan Menengah Dan Pendidikan Khusus Inspiratif Tahun 2021.

Kedua Kepala Sekolah inspiratif tersebut berdasarkan penilaian tahap I merupakan pimpinan sekolah yang mampu menjalankan fungsi-fungsi manajemen secara aktif, inovatif, kreatif, demokratis, memberdayakan, dan menyenangkan, baik dalam situasi biasa maupun sulit, dan mampu menginspirasi warga sekolah yang menjadi tanggungjawabnya sehingga tetap semangat, kreatif dan termotivasi untuk tetap menjalankan tugasnya dalam segala kondisi dan perubahan di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun pada Sekolah Luar Biasa (SLB). Selanjutnya akan bersaing pada penilaian tahap II hasil karya pratik baik video pembelajaran tatap muka terbatas dan penyajian naskah serta wawancara sesuai dengan kategori secara Nasional di Jakarta.

Selamat kepada Kepala SMA Negeri 5 Tual dan Kepala SLB Negeri Batu Merah Ambon yang telah berhasil menjadi finalis Tingkat Nasional, selamat berkompetisi dengan para Kepala Sekolah hebat se-Indonesia dan semoga dapat mempersembahkan yang terbaik untuk Provinsi Maluku. Kiranya predikat ini menjadi pemicu semangat untuk terus memajukan pendidikan di Provinsi Maluku dan bisa menjadi inspirasi bagi Kepala Sekolah yang lain.

Berita Terkait