SEBAGAI SEKOLAH PK SMK NEGERI 1 BURU GELAR WORKSHOP PENYUSUNAN PROGRAM 2021 DAN REVISI PETA JALAN (ROAD MAPS)

Admin Web 2021-09-26 09:31:39 Berita Dinas 1584x dibaca
SEBAGAI SEKOLAH PK SMK NEGERI 1 BURU GELAR WORKSHOP PENYUSUNAN PROGRAM 2021 DAN REVISI PETA JALAN (ROAD MAPS)

Sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 09 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Sumber Daya Manusia Indonesia, Presiden menginstruksikan Kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyusun Peta Jalan Pengembangan SMK. SMK diharapkan sebagai pemasok tenaga kerja harus mampu mengimbangi dan mengantisipasi cepatnya dinamika perubahan dan perkembangan ketenagakerjaan yang terjadi, dengan selalu responsif berupaya mengembangkan dan menyesuaikan kapasitas dan kinerja sekolahnya, sehingga menghasilkan lulusan yang sesuai kebutuhan. Berdasarkan kondisi tersebut di atas, maka perlu disusun peta jalan secara strategis, sistematis, progresif, fleksibel, sehingga mudah dilaksanakan dan disesuaikan. Peta jalan berisi antara lain: visi, misi, tujuan, analisis potensi internal dan eksternal, strategi, serta rencana pelaksanaan program dan kegiatan.

SMK Negeri 1 Buru merupakan salah satu sekolah kejuruan di Provinsi Maluku yang mendapatkan kesempatan menjadi salah satu sekolah yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemdikbud Ristek sebagai Sekolah Menengah Kejuruan Pelaksana Program Sekolah Pusat Keunggulan (SMK-PK) Tahun 2021 Tahap II. SMK PK merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja, yang akhirnya menjadi SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai sekolah penggerak dan sebagai pusat keunggulan, peningkatan kualitas dan rujukan bagi SMK lainnya. SMK Negeri 1 Buru sebagai SMK PK harus melakukan serangkaian perubahan yang harus dilaksanakan demi tercapainya program SMK Pusat Keunggulan ini di seluruh elemen sekolah. Untuk itu pada hari Sabtu, 25 September 2021 SMK Negeri 1 Buru menggelar Workshop Penyusunan Program 2021 Dan Revisi Peta Jalan.

Kegiatan workshop tersebut dilaksanakan di ruang rapat SMK Negeri 1 Buru yang dibuka secara resmi oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Mengengah dan Pendidikan Khusus Kabupaten Buru. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh dewan guru bersama dengan Kepala SMK Negeri 1 Buru, Hi. Achamad Nasir Sulaiman, S.Pd, M.Pd, Pengawas Pembina Drs. Syarifudin Bau, M.Pd. Adapun Narasumber pada kegiatan  Workshop Penyusunan Program 2021 Dan Revisi Peta Jalan di SMK Negeri 1 Buru adalah Dosen yang berasal dari Politani Negeri Pangkep Provinsi Sulawesi Selatan yang juga merupakan Perguruan Tinggi Pendamping SMK Negeri 1 Buru sebagai SMK Pusat Keunggulan.

Perguruan Tinggi pada SMK PK diharapkan dapat menjadi pendamping SMK guna memberikan rekomendasi dan masukan terkait peningkatan kualitas sekolah. Adapun tujuan pendampingan pada SMK PK antara lain menganalisa kekuatan dan kelemahan, serta mengembangkan potensi yang ada di SMK PK serta membantu SMK dalam merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi kegiatan yang efektif dan efisien. Selain itu Perguruan Tinggi menpunyai tugas untuk mendampingi sekolah dalam mencapai target luaran, hasil dan dampak (output, outcome, impact) yang diinginkan, melakukan program oversight (rencana pengadaan peralatan, rencana pelatihan guru dan kepala sekolah, serta pembelajaran) dan monitoring capaian pembelajaran dan aspek link and match di sekolah.

Berita Terkait