TUJUH SISWA BERHASIL LOLOS KE BABAK FINAL KOMPETISI OLAHRAGA SISWA NASIONAL (KOSN) JENJANG SMK TAHUN 2021

Admin Web 2021-09-15 21:14:57 Berita Dinas 1058x dibaca
TUJUH SISWA BERHASIL LOLOS KE BABAK FINAL KOMPETISI OLAHRAGA SISWA NASIONAL (KOSN) JENJANG SMK TAHUN 2021

Perhelatan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) Jenjang SMK Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, telah sampai ke babak final. Kepala Pusat Prestasi Nasional telah mengeluarkan Surat Keputusan Nomor : 1895/J3/DM.03.00/2021 tentang Penetapan Peserta Kompetisi Olahraga Siswa Nasional Jenjang SMK Babak Final Tahun 2021 Secara Daring (Online).

Sebanyak 7 orang siswa-siswi jenjang SMK dari Provinsi Maluku berhasil lolos ke babak final, yang selanjutnya akan bersaing dengan para peserta dari 34 provinsi secara nasional dalam rangka memperebutkan Juara I (Kategori Emas), Juara II (Kategori Perak) dan Juara III (Kategori Perunggu) yang selanjutnya akan memperoleh Medali, Sertifikat, dan uang pembinaan atau sesuai ketentuan yang berlaku. Pelaksanaan Babak Final KOSN Tingkat Nasional akan di selenggarakan pada tanggal 20 s.d 24 September 2021 oleh Pusat Prestasi Nasional secara daring (online).

Adapun data siswa-siswi dari Provinsi Maluku yang berhasil lolos diantaranya : (1) Cabang Olahraga Karate Putri atas nama Yohana Namsa dari SMK Siwa Lima St. Yosep Langgur Kabupaten Maluku Tenggara dan Cindy Imanuela Lumalessil dari SMKN 1 Maluku Tengah Kabupaten Maluku Tengah. (2) Cabang Olahraga Karate Putera atas nama Tedy Chairudin Renwarin dari SMK Siwa Lima St. Yosep Langgur Kabupaten Maluku Tenggara dan Laurens Ubwarin dari SMKN 4 Ambon Kota Ambon. (3) Cabang Olahraga Pencak Silat Putri atas nama Nurlisa Theopellus dari SMK Muhammadiyah Ambon Kota Ambon dan Uci Rahmasari dari SMKN 2 Seram Bagian Barat Kabupaten Seram Bagian Barat. Dan (4) Cabang Olahraga Pencak Silat Putera atas nama Malik Ibrahim Difinubun dari SMK Muhammadiyah Ambon Kota Ambon.

7 siswa tersebut merupakan Juara I dan Juara II di Tingkat Provinsi Maluku yang sebelumnya telah dilaksanakan seleksi/penilaian video KOSN oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku melalui Bidang Pembinaan SMK. Kegiatan seleksi/penilaian video KOSN tingkat Provinsi Maluku bertempat di Hotel Golden Place Ambon yang berlangsung pada tanggal 11 s.d 12 Agustus 2021. Adapun cabang olahraga yang dilombakan sebanyak 2 yakni pencak silat dan karate (putra/putri) dengan melibatkan 5 orang dewan juri untuk melakukan penilaian secara transparan dan objektif.

Sebagai penanggungjawab kegiatan Kepala Bidang Pembinaan SMK, Ibu Anisa, SE menyampaikan bahwa penyelenggaraan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional jenjang SMK diadakan untuk memfasilitasi dan memotivasi peserta didik SMK yang mempunyai bakat dan minat di bidang olahraga. Sekaligus sebagai upaya pembentukan sikap mental, sportivitas, kejujuran, serta rasa solidaritas yang tinggi antar peserta didik.

Dengan terselenggaranya KOSN ini diharapkan menambah rasa kepercayaan bahwa olahraga bukan hanya tentang raga yang sehat, tetapi dapat pula meningkatkan skill dan kemampuannya dalam cabang olahraga. KOSN ini juga merupakan ajang pengembangan prestasi dan talenta siswa yang memiliki semangat untuk melaksanakan kegiatan, mampu mendukung pengembangan olah pikir, olah rasa, olah hati dan olahraga. Tujuannya adalah untuk menghasilkan generasi unggul yang cerdas secara akademik, memiliki nilai estetika tinggi, penuh dengan empati serta memiliki jiwa dan raga yang sehat. Pada intinya para peserta didik tetap berkarya, berinovasi dan berprestasi ditengah pandemi covid-19 yang melanda negeri.

Berita Terkait