DISDIKBUD MALUKU GELAR RAPAT KOORDINASI PENYUSUNAN ROAD MAP PENDIDIKAN TAHUN 2021

Admin Web 2021-12-29 16:32:10 Berita Dinas 1629x dibaca
DISDIKBUD MALUKU GELAR RAPAT KOORDINASI PENYUSUNAN ROAD MAP PENDIDIKAN TAHUN 2021

Bertempat di Marina Hotel Ambon, pada hari Senin sampai dengan hari Rabu tanggal 27 sampai 29 Desember 2021 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku menggelar Rapat Koordinasi Penyusunan Road Map Pendindikan. Kegiatan dilaksanakan dalam rangka peningkatan mutu, sistem pelayanan, perencanaan  dan penganggaran yang baik serta adanya sinergi antara jenjang pemerintahan dengan satuan pendidikan sehingga pada akhirnya penyelenggaraan kegiatan pendidikan dapat diukur kebermanfaatannya bagi pembangunan daerah.

Kegiatan Rapat Koordinasi Penyusunan Road Map Pendindikan dibuka langsung oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Ibu Dr. Ir. Insun Sangdji, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para Kepala Cabang Dinas dan Forum MKKS SMA, K3SK SMK yang bersama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku untuk merancang suatu perencanaan pendidikan yang baik dan berkualitas sebab tugas dan tanggungjawab kita selaku institusi yang mengelola urusan Pendidikan di Daerah  amatlah besar dalam mengoptimalkan program, Kebijakan, Strategi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku guna memberikan layanan dan peningkatan mutu pendidikan. Tanggungawab besar ini janganlah dipandang sebagai beban tapi pandanglah sebagai kehormatan. Cabang Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Kabupaten/Kota, MKKS SMA, K3SK SMK bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Provinsi Maluku mendapatkan kehormatan untuk Menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan menyelaraskan langkah strategis dalam pembangunan pendidikan di Provinsi Maluku melalui kegiatan Rapat Koordinasi Penyusunan Roadmap Pendidikan.

Rencana strategis Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku merupakan dokumen yang memuat perencanaan program dan kegiatan dibidang pendidikan selama lima tahun. Dalam Renstra tercakup tujuan, sasaran dan outcome yang perlu dicapai dalam penyelenggaraan program dan kegiatan dibidang pendidikan selama lima tahun kedepan yang searah dengan kebijakan dan program pendidikan nasional. Dalam hal ini, Renstra Dinas Pendidikan tahun 2019-2024 mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Maluku Tahun 2019-2024 sebagai bentuk operasional strategi dan kebijakan pendidikan sesuai tugas pokok dan fungsi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Kepala Dinas melanjutkan bahwa akselerasi perencanaan melalui kebijakan, program dan kegiatan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, maka perlu dilakukan upaya inisiatif melalui penyusunan road map (peta jalan) guna pengembangan sumber daya manusia (SDM) serta meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang ada di Provinsi Maluku.

Kepala Sub Bagian Perencanaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Farid Hatala, S.STP selaku pelaksana kegiatan mengapresiasi atas kehadiran dan keaktifan seluruh peserta mengikuti kegiatan mulai dari pembukaan sampai dengan penutupan. Perserta kegiatan berjumlah 32 orang yang terdiri dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus, Ketua MKKS SMA dan Ketua K3SK SMK se Provinsi Maluku. Adapun yang menjadi Narasumber pada kegiatan penyusunan road map pendidikan adalah Kepala Bidang Ekonomi dan SDA Bappeda Provinsi Maluku Bapak Ilham Tauda, SP, M.Si serta Tim Penyusun Road Map Pendidikan yang berasal dari akademisi dari Universitas Pattimura Ambon dan Unversitas Darussalam Ambon yakni Dr. Patriks Rahabav, M.Si, Dr. Alwi Smith, M.Si serta Zumrotus Sya’diyah, S.Si, M.Si.

Berita Terkait