DISDIKBUD PANTAU SECARA LANGSUNG PELAKSANAAN ASESMEN NASIONAL TINGKAT SMK/MAK, SMA/MA, SMALB DAN PAKET C DI 11 KABUPATEN/KOTA SE PROVINSI MALUKU

Admin Web 2021-09-29 15:08:23 Berita Dinas 2310x dibaca
DISDIKBUD PANTAU SECARA LANGSUNG PELAKSANAAN ASESMEN NASIONAL TINGKAT SMK/MAK, SMA/MA, SMALB DAN PAKET C DI 11 KABUPATEN/KOTA SE PROVINSI MALUKU

Asesmen Nasional yang selanjutnya disingkat AN adalah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dengan menggunakan instrumen asesmen kompetensi minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar. AN diikuti oleh Satuan Pendidikan, Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK), Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) serta Program Pendidikan Kesetaraan di luar negeri yang terdaftar dalam Dapodik atau EMIS dan memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) yang valid.

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar pesrta didik. Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau (a) perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan (b) kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antar kelompok sosial ekonomi dalam satuan Pendidikan.

Dalam rangka memastikan kelancaran pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2021, Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku mengeluarkan Surat Perintah Tugas untuk melakukan monitoring dan Pemantauan secara langsung pelaksanaan ANBK pada satuan pendidikan di 11 Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku. Pada tanggal 20 s.d 23 September 2021 pelaksanaan ANBK jenjang SMK/MAK dan Paket C telah selesai dan sukses dilaksanakan walaupun pada saat itu sempat mengalami gangguan jaringan secara massal dihampir seluruh wilayah Indonesia akibat masalah pada jaringan kabel bawah laut.

Sebagai penanggungjawab teknis kegiatan Kepala Bidang Pembinaan SMA Bapak Sirhan Jul Chaidir, S.Sos, M.Si dan Kepala Bidang Pembinaan SMK Ibu Anisa, SE beserta para Tim Teknis yang berjumlah 7 (tujuh) orang melaksanakan monitoring dan pemantauan langsung ke Satuan Pendidikan di 11 Kabupaten/Kota se Provinsi Maluku sesuai dengan SPT yang dikeluarkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku.

Untuk ANBK jenjang SMA/MA dan SMALB berlangsung mulai pada hari senin, 27 September 2021 dan akan berakhir pada hari kamis, 30 September 2021 besok yang dilaksanakan dalam 2 gelombang. Kegiatan monitoring dan pemantauan langsung dilaksanakan selain untuk memastikan kelancaran pelaksanaan ANBK 2021 akan tetapi juga untuk memastikan bahwa ANBK di Provinsi Maluku berjalan sesuai dengan Prosedur Operasional Standar (POS) Asesmen Nasional (AN) serta pelaksanaannya berjalan sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Adapun pelaksanaan ANBK tahun 2021 di Provinsi Maluku dilaksanakan dengan 2 moda yaitu moda Online dan Semi-online sesuai dengan kapasitas internet dan perangkat TIK yang ada di setiap satuan pendidikan.

Berita Terkait