SEKRETARIS DIKBUD PROVINSI MALUKU MEMBUKA KEGIATAN WORKSHOP IMPLEMENTASI LINK AND MATCH SMK DENGAN IDUKA DI SMKN 3 AMBON

Admin Web 2021-09-29 11:22:38 Berita Dinas 1234x dibaca
SEKRETARIS DIKBUD PROVINSI MALUKU MEMBUKA KEGIATAN WORKSHOP IMPLEMENTASI LINK AND MATCH SMK DENGAN IDUKA DI SMKN 3 AMBON

Sebagai tindaklanjut dari Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumberdaya Manusia Indonesia. SMK Negeri 3 Ambon dibawah binaan Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Otomotif dan Elektronika (BPPMPV BOE) Malang menyelenggarakan 7 (tujuh) kali kegiatan Workshop Implementasi Link and Match SMK dengan Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA). Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyatukan dan menyelaraskan pendekatan pembelajaran dengan IDUKA sekaligus meningkatkan kompetensi siswa yang pada gilirannya dapat mencapai standar minimal yang diharapkan IDUKA dan secara khusus dapat bermanfaat untuk guru dalam meningkatkan model pembelajaran berbasis proyek dan kompetensi siswa SMKN 3 Ambon yang pada akhirnya mengalami peningkatan setara dengan SMK lainnya dalam skala nasional.

Hari ini Rabu, 29 September 2021 bertempat di Aula SMK Negeri 3 Ambon kegiatan workshop perdana dari 7 (tujuh) rangkaian kegiatan Workshop Implementasi Link and Match SMK dengan Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA) resmi dibuka oleh Sekretaris Dinas Bapak Husen, S.Pd, M.Pd mewakili Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku. Dalam sambutannya menyampaikan untuk mewujudkan link and match pendidikan vokasi dengan Iduka Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi memberikan indikator-indikator yang disebut dengan Paket 8+i. Pertama, kurikulum disusun bersama sejalan dengan penguatan aspek softskills, hardskills dan karakter kebekerjaan sesuai kebutuhan dunia kerja. Kedua, pembelajaran diupayakan berbasis proyek riil dari dunia kerja (PBL) untuk memastikan hardskills, softskills dan karakter yang kuat. Ketiga, peningkatan jumlah dan peran guru/instruktur dari industri maupun pakar dari dunia kerja. Keempat, praktik kerja lapangan/industri minimal satu semester.

Lanjut Bapak Sekretaris Dinas, bahwa Pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sangat mendukung kegiatan penyelarasan kurikulum SMK Negeri 3 Ambon  dengan Industri Pasangan yang telah bersedia yaitu PT. Hasrjat Abadi dan PT. Bosowa Cabang Ambon. Sekretaris Dinas juga memberikan apresiasi kepada Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Otomotif dan Elektronika (BPPMPV BOE) Malang yang telah melakukan pendampingan pada SMK Negeri 3 Ambon dalam rangka peningkatan kualitas pada sekolah tersebut.

Kegiatan workshop perdana berlangsung mulai hari ini dan berakhir pada hari Jumat, 01 Oktober 2021. Kegiatan ini diikuti sebanyak 15 orang peserta yang terdiri dari para Wakil kepala sekolah, Kepala TU, Ketua Program Keahlian (Teknik Kontrusi dan Properti, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Pelayaran Kapal Penangkap Ikan, Pelayaran Kapal Niaga dan Ketua Program Umum), Koordinator Penjaminan Mutu, Koordinator PKG serta guru mapel teknik alat berat dan guru mapel teknik kendaraan ringan otomotif. Adapun yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut berasal dari IDUKA yakni dari PT. Bosowa Berlian Motor Cabang Ambon dan PT. Hasrat Abadi Cabang Ambon serta dari Pemerhati Pendidikan. Sebagai Koordinator pengawas (Korwas) SMA, SMK dan SLB Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Lantara Habir, S.Pd., M.Pd sebagai sekaligus sebagai pengawas pembina pada SMK Negeri 3 Ambon turut hadir pada kegiatan tersebut.

Adapun rangkaian agenda pelaksanaan kegiatan Workshop di SMK Negeri 3 Ambon yakni Workshop I Penyelarasan Kurikulum SMK bersama IDUKA (29 September s.d 01 Oktober 2021), Workshop II Penyusunan Program Pembelajaran di Sekolah dan IDUKA (05 s.d 07 Oktober 2021), Workshop III Penyusunan Bahan Ajar (Manual dan Digital) (12 s.d 14 Oktober 2021, Workshop IV Penyusunan Program PKL bersama IDUKA (19 s.d 21 Oktober 2021), Workshop V Penyusunan Program Sertifikasi Kompetensi Siswa oleh IDUKA (26 s.d 28 Oktober 2021), Workshop VI Program Magang Guru Bersertifikat (02 s.d 04 November 2021) dan yang terakhir Workshop VII Pelaksanaan Komitmen IDUKA untuk Rekruitmen dan Penyaluran Lulusan serta Pemanfaatan Fasilitas bersama (09 s.d 11 November 2021). Seluruh biaya dalam rangkaian kegiatan tersebut bersumber dari DIPA BBPPMPV BOE Malang Tahun 2021.

Berita Terkait